Antara Pro XL dan Pemahaman Saya


Pengalaman yang akan saya tuangkan ini adalah murni ketidaktahuan saya mengenai layanan Pro XL internet Unlimited Prabayar. Berdasarkan informasi dari teman, koneksi internet dengan kartu Pro XL lebih cepat dibanding IM2, IM3, atau produk indosat lainnya. Akhirnya, aku coba buktikan fatwa teman saya itu. Namun, saya setengah mati repotnya nyari kartu perdana XL internet 30 hari sepuasnya. Ternyata tidak semua gerai handphone, lapak pulsa, toko kelontong, toko material, dan toko elektronik jual kartu perdana yang saya maksud. Dan semua saya dapat di hipermart, berlogo Giant (apa ada hubungannya dengan mas gianto ya? terus dinamakan Giant…hmmm). Saya beli perdana XL unlimited 30 hari seharga 175 ribu. Muahal juga ya, dari harga awal 100 ribu. Yah beli aja dehhh akhirnya.

Sampai di rumah, saya coba register pakai Hp saya. Udah selesai. Kemudian, saya masukkan itu kartu ke dalam modem dan dicolokin ke laptop. Klik….tuitttt. Browsing dimulai. Berhasil. Lumayan cepat koneksinya.

Lanjut punya lanjut, akhirnya tibalah hari terakhir masa aktif kartu pada tanggal 19 Maret. Pikiran saya, ah nanti aja deh isinya tanggal 20, lagian sekarang masih sibuk ngurus ini ngurus itu. Pagi aku coba connect, tidak berhasil, dan dapat sms dari operator bahwa penggunaan XL saya udah limit, harus diisi ulang. Pas tanggal 20 siang aku isi 100 ribu. Seketika itu juga internet connect lagi. Baru beberapa jam, tiba-tiba internetnya mati lagi. Saya coba tekan CONNECT yang ada di Globe Trotter Connect, bisa terkoneksi dengan internet, very good signal. Tapi nggak bisa buat chatting, browsing, apalagi buat download. Apa yang salah ya? Diotak-atik, nggak ketemu juga. Hari berganti hari, ide baru muncul. Kepikiran cek pulsa, terpaksa bongkar kartu dari modem dipindah ke Hp, pencet *123#….menunggu… Pulsa Anda 1.450 rupiah. Hhhhhaaaaaaaaaaa! Mati aku. Kok bisa. Lha terus ke mana larinya 100 ribu yang baru aku isi kemarin itu! Pro XL, tolong dong!

Kepikiran lagi, aku buka layanan internet www.nyambungterus.com. Cari punya cari, ternyata ada maklumat dari yang punya XL seperti ini:

Pelanggan Layanan XL Internet Unlimited Yth,

Untuk dapat tetap mempergunakan/memperpanjang penggunaan layanan XL Internet Unlimited Prabayar, silakan anda melakukan isi ulang pulsa dengan jumlah minimal sebesar Rp. 110.000, di mana Rp. 99.000 adalah biaya yang digunakan untuk perpanjangan layanan XL Internet Unlimited 30 hari dan Rp.11.000 merupakan sisa pulsa minimal yang harus tersedia didalam Sim Card. Dan pastikan anda melakukan isi ulang pulsa sebelum masa aktif layanan XL internet berakhir! Bila anda melakukan isi ulang setelah masa aktif layanan XL Internet berakhir, maka layanan Internet akan dikenakan tarif normal GPRS Rp. 10/KB Dan untuk mengaktifkan kembali layanan XL Internet Unlimited tersebut anda harus mengirimkan SMS:XLDAY30 dan dikirimkan ke 868 atau dengan menekan *868# dan mengikuti petunjuk selanjutnya. Untuk Info status pulsa ketik *123#.

Salam nyambung terus!

Oh, Ya Allah Ya Rabbi. Ternyata saya terkena tarif normal GPRS Rp. 10/KB.

Pembaca, Siapa yang salah kalau begini?

Antara Pro Xl Internet Unlimited Prabayar dan Pemahaman Saya

15 responses

  1. ishbiru ya akhi..
    memang sebelum kita memakai suatu produk, kita cari sampai tuntas segala macam disclaimer-nya. Salah-salah bila kita mau nuntut, kita akan dicekoki dengan disclaimer tersebut yg memang belum kita baca.

    Ana sendiri pengalaman pake IM2 broom. Setiap isi ulang 100 rb, berlaku 30 hari. Misal awal aktivasi tgl 19, maka expired tgl 20 bulan berikutnya. Belakangan ana terlambat isi ulang. Seharusnya isi ulang tgl 20, karena sibuk baru ana isi ulang tgl 25. Harusnya expired adalah tgl 25 + 30 hari kemudian (sekira tgl 24). Ternyata expirednya tetep dihitung tgl 20. Subhanallah. Ternyata peraturan itu ada di disclaimer yg ditulis sedemikian rupa pelanggan males baca.

    Memang begitulah akhi dunia perbisnisan di sini. Sukron akhi atas sharingnya.

  2. Hallo mas…salam kenal

    Saya juga adalah new user of Xl unlimited internet.
    Masa aktif akan berakhir tgl 25 ini.

    jadi sarannya bagaimana apakah baiknya saya isi ulang pulsa sebelum tgl 25?

    Saya sudah pakai 1 hampir 1 bulan, tapi melihat pengalaman memakai telkomsel flash yg 100rb/24 jam sptnya xl masih kalah cepat, cuma memang mahal tapi berguna utk download yang cepat. saya ingin dapat saran juga baiknya pakai telkomsel flash saja atau xl ini di teruskan yah?..terus bisa kasih pendapat perbandingan internet yg unlimited antara Xl, Telkomsel flash , Indosat atau yang lain?.

    Terima kasih

    Salam kenal kembali mas. Telkomsel flash belum pernah makai, indosat udah. indosat sama saja dengan xl dlm hal kecepatan koneksi. tapi menurutku xl agak lebih cepat dikitlah. mungkin karena pelanggannya blm sebanyak indosat. mending mas isi ulang sebelum tgl 25 biar nggak kena tarif normal. Kalau mau isi ulang tanggal 25 atau masa tenggang, registrasi ulang ya: ketik XLDAY 30 dan kirim ke 868. Terus, biar nggak buang2 duit, ya terusin aja xl nya. kalau banyak duit mungkin nggak masalah coba ini itu. tp bagusnya sih diinfakkan kepada anak yatim atau kegiatan yg bermanfaat bagi agama, drpd buat beli layanan internet yg jelas menguntungkan perusahaan mereka. peace.
    Terima kasih.

  3. Yang salah yang dipenjara mas, hehehehe…
    Tapi yang dipenjarapun belum tentu salah..
    Piye kabare mas??

    hahaha…
    kabar apik. alhamdulillah. sampeyan gimana kabarnya? minggu kemarin aku ke bojong nangka, ke kontrakan 12 tempat teman, udah malem jadi nggak sempat mampir ke kediaman situ. salam ya buat keluarga.

  4. Makasih atas pengalaman berharga ini. Mas, saya dengar layanan xl unlimited ini akan segera diakhiri. Benarkah pernyataan ini mas?

    Saya kurang tahu juga ya.

  5. Mampir nih sekedar membac tulisan di atas,ternyata masih mahal ya internet sekarang

  6. qoddarullahu wa masya afa’al…

    maa ashooba min mushiibatin illaa bi idznillaah…wa man yu’min billaahi yahdi qolbahu, wallahu bikulli syai’in ‘aliim. [At Taghabun:11]

    Jazakillahu khairan katsiro atas nasihatnya. Insya Allah bisa diambil hikmahnya.

  7. bismillah..
    sabar aja akh..
    mending coba pake speedy aja akh..
    sekarang kan udah unlimited juga..

  8. heheheheh ilmu itu mahal ya bro, setidaknya dari situ kita tahu…..bener kata abu mendingan kita teliti dan baca lebih detil agar tidak terjebak atau salah ntarnya

  9. kalo ana sih pakenye hanya Smart telpon, selain murah cuma 20rb/bulan hanya untuk aktifkan pulsa & gratis 12 Gb/6 bulan….

    Ana bener2x menikmati internet murah…. Alhamdulillah…nikmat…nikmat…nikmat

  10. Abu Athar Alprabulimulih | Balas

    Bismillah

    Seperti nya Xl Memakan harta orang lain dengan cara yg bathil. Kalo sudah pernah pake XL or Indosat coba deh pake product nya Telkomsel.

    wassalam

    Hmm wallahu a’lam, tapi kalo utk yg lain nggak deh coba-coba. Nanti aja kalo moodnya udah kembali oke.

  11. Memang Unlimited itu jg ada byarat & batasannya.

  12. alhamdulillah ga mendengar berita xl di jogja, alhamdulillah lancar-lancar saja pakai im2.

  13. Rp.10/kb memang sangat mahal. Pulsa berapa juta pun akan habis kalau tarifnya seperti itu. Hati-hati juga dengan tarif operator suka banyak syarat dan ketentuan. Entah berapa juta orang yang dirugikan atas ketidak tahuan itu. Entah itu disengaja ataupun tidak oleh mereka. Tapi yang jelas operator memang ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.

  14. bos saya mau tuh beli xl unlimited nya saya gantiin deh sms ke gue 081931079907

    sepertinya masih dipakai utk keperluan sekolah, jadi blm mau dijual. terima kasih ya mas adam.

  15. I found what I used to be seeking for. fantastic write-up, thank you

Tinggalkan komentar