Masih Membahas Masalah-Masalah Sepele (3)


Kemudian tidak kalah lucu dan menggelikan, adalah bagaimana dia membela diri atas kesalahan dalam penyebutan nomor hadits. Duduk perkaranya, adalah ketika saudara Abduh menyebutkan takhrîj hadits dalam salah satu catatan kaki di STSK-nya, yaitu catatan kaki no. 24 sebagai berikut :

Sunan Abi Dawud/Kitab Al-Adab/Bab Fi Husni Al-’Usyrah/hadits nomor 4156. Syaikh Al-Albani menshahihkan hadits ini dalam Shahih Abi Dawud/Jilid 3/hlm 909/hadits nomor 4005.”
[cetak tebal dari saya]

Ada dua poin dalam catatan kaki tersebut, yaitu :
a. Sunan Abi Dawud/Kitab Al-Adab/Bab Fi Husni Al-’Usyrah/hadits nomor 4156.
b. Syaikh Al-Albani menshahihkan hadits ini dalam Shahih Abi Dawud/Jilid 3/hlm 909/hadits nomor 4005.

Kemudian karena ada yang tidak tepat pada takhrîj tersebut, dengan santun Al-Ustadz Luqman memberikan kritikan pada catatan kaki no. 46 MDMTK hal. 98, yaitu sebagai berikut 1) :
a. Menyebutkan kitab Sunan Abi Dawud tanpa menyertakan nama penerbit, keterangan cetakan dan tahun. Padahal beda tahun penerbitan saja bisa jadi berbeda pula penomoran yang dimaksud, apalagi beda penerbit, sebagaimana kata Abduh ZA sendiri dalam STSK hal. 42 catatan kaki no. 55. Terbukti dalam kitab Sunan Abi Dawud dengan cetakan dan penerbit yang ada pada kami, hadits tersebut tertera dengan no. 4788, bukan 4156 seperti kata Abduh ZA. Perhatikan, sangat jauh sekali selisihnya.
b. Menyebutkan kitab Shahih Sunan Abi Dawud tanpa menyertakan nama penerbit, keterangan cetakan dan tahun. Padahal beda tahun penerbitan saja bisa jadi berbeda pula penomoran yang dimaksud, apalagi beda penerbit. Terbukti dalam kitab Shahih Sunan Abi Dawud dengan cetakan dan penerbit yang ada pada kami, hadits tersebut tertera dengan no. 4788, bukan 4005

Namun saudara Abduh ZA membela diri dengan cara pembelaan yang membuat orang yang membaca dan paham persoalannya akan mengelus dada. Betapa saudara Abduh ini adalah orang yang … . Bagaimana saudara Abduh Zulfidar Akaha ini membela diri? Berikut cara dia dalam BAUS catatan kaki no. 364, hal. 136 :

“Apa yang dikatakan Al Ustadz Luqman Ba’abduh benar. Hadits tersebut memang terdapat pada nomor 4788. kepada beliau, saya ucapkan terima kasih atas koreksinya. Akan tetapi, dalam STSK kami menulis Shahih Abi Dawud, bukan Sunan Abi Dawud. Dan nomor yang kami sebutkan adalah 4005, bukan 4156.”

Pembaca bisa melihat sendiri dalam kalimat dia pada catatan kaki no. 24 STSK di atas (tidak perlu membuka STSK secara langsung, atau repot-repot cari pinjaman, karena sudah saya nukil di atas), jelas-jelas saudara Abduh menuliskan :

Sunan Abi Dawud/Kitab Al-Adab/Bab Fi Husni Al-’Usyrah/hadits nomor 4156

Bagaimana bisa saudara Abduh ZA ini mengatakan dalam BAUS-nya :

“… kami menulis Shahih Abi Dawud, bukan Sunan Abi Dawud. Dan nomor yang kami sebutkan adalah 4005, bukan 4156.”

Padahal jelas-jelas ia menulis pada STSK catatan kaki no. 24, judul kitabnya : Sunan Abi Dawud, dan jelas-jelas pula ia menulikan nomor haditsnya : 4156. Namun rupanya ia hendak menafikan/tidak mengakui kalimat yang tulis sendiri itu, dan langsung hendak mengalihkan pada kalimat berikutnya, yaitu :

… Syaikh Al-Albani menshahihkan hadits ini dalam Shahih Abi Dawud/Jilid 3/hlm 909/hadits nomor 4005.”

Siapapun yang berakal sehat pasti tahu dan menilai bahwa saudara Abduh tidak jujur dan tidak sportif dalam hal ini. Oleh karena itu kalimat yang ia tulis sebelumnya :

“Apa yang dikatakan Al Ustadz Luqman Ba’abduh benar. Hadits tersebut memang terdapat pada nomor 4788. kepada beliau, saya ucapkan terima kasih atas koreksinya.

Menjadi tidak ada artinya dengan cara dia yang tidak jujur dan tidak sportif dalam membela diri. Apalagi masih ditambahi dengan lanjutan ucapan saudara Abduh ZA :

“Meskipun beliau salah dalam menulis sumber kitab dan nomor yang kami sebutkan dalam STSK, kami sama sekali tidak menganggap hal ini … .”

Padahal jelas-jelas dirinya yang salah, tetapi ia hendak membalik fakta dengan mengesankan bahwa orang lainlah yang salah. Sungguh saudara Abduh ZA ini adalah orang yang … .

Sumber: http://www.merekaadalahteroris.com/mat/?p=46

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: