Luar Biasa, Ditemukan 238 Kata Berkaitan dengan “Tangan”


Paparan 238 Kata “Tangan Bergiat” untuk Gelar Doktor

 

 

Sebanyak 238 kata yang menunjukkan “tangan bergiat” atau berbagai macam gerak tangan dipaparkan pengajar bahasa Indonesia pada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Felicia N Utorodewo, untuk mencapai gelar doktor, Rabu (29/8). Dari pemaparan disertasi dengan promotor Anton M Moeliono itu, Felicia dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan.

“Tangan merupakan organ tubuh yang paling banyak melakukan gerakan. Kenyataan bahwa ditemukan 238 kata yang berkaitan dengan kegiatan tangan membuktikan bahasa Indonesia memiliki kosakata lengkap untuk mendeskripsikan berbagai kegiatan tangan,” kata Felicia yang aktif mendampingi berbagai lembaga media, termasuk Kompas, dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Felicia mengatakan, penelitian ini didasarkan, jika orang berbicara akan menggunakan tangan dan lengan secara serempak dengan ujaran. Gerakan tubuh bersama dengan ujaran mengungkapkan maksud pembicara dan citra yang tidak terungkap.

Dari sebanyak 238 kata tersebut, sebagian besar sebagai kata yang jarang dipakai. Seperti kata ’arih’, dimaksudkan pada mengulurkan tangan, menjangkau untuk memeluk. ’Bongmeh’, meraba pergelangan tangan untuk merasai debar jantung.

’Ceku’, menekan atau membenamkan kuku pada sesuatu atau seseorang. ’Damik’, memukuli dengan telapak tangan. ’Empap’, menindih atau menekan dengan telapak tangan. ’Guit’, menyentuh sesuatu dengan jari. ’Sugar’, menyisir rambut dengan jari tangan, dan masih banyak lagi.

“Penelitian ini menggali khazanah kosakata berkait dengan satuan leksikal tangan yang tidak dikenali dan digunakan secara produktif oleh sebagian penutur bahasa Indonesia,” ujar Felicia.

Untuk mengolah data, Felicia mengacu konsep dekomposisi leksikal dari Cruse (2004) dan analisis komponen makna dari Nida (1979). Data itu diperoleh dengan menginventarisasi kata berendonim tangan. Kemudian menguraikan komponen makna dari setiap bagian tangan yang bergiat, lalu menetapkan konfigurasi kata. (NAW)

[Kopas dari kompas.co.id Kamis, 30 Agustus 2007]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: