Heboh Manusia Bermuka Dua di Jakarta


Sudah pernah lihat ular berkepala dua? Mungkin pernah mendengar, tapi melihat belum. Nah, sekarang pernah lihat manusia bermuka dua? Ah, masa’ ada manusia bermuka dua. Ya, banyak sekali kita jumpai manusia-manusia bermuka dua terutama di kota besar seperti Jakarta ini. Tentu bukan mukanya yang terbelah dua, tetapi maksudnya adalah sifatnya. Jangan berteman dengan orang-orang yang bermuka dua. Berikut ini keterangan lebih detailnya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Engkau akan mendapati bahwa manusia memiliki asal-usul yang berbeda-beda. Orang-orang terbaik mereka di mana Jahiliyah adalah orang-orang terbaik pula pada masa Islam, apabila mereka mengerti (ajaran syariat). Dan engkau dapati orang-orang terbaik dalam masalah kekuasaan pemerintahan adalah orang yang paling membencinya. Engkau akan mendapati pula orang-orang yang paling jahat adalah orang yang bermuka dua, yang datang ke orang-orang ini dengan wajah yang satu, lalu datang kepada orang-orang yang lain dengan satu wajah lainnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Hadis ini diriwayatkan oleh Al Bukhari (VI/525 dalam Al Fath) dan Muslim (2526)

Kandungan hadis:

  1. Bahwa manusia terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan nasab mereka.
  2. Derajat paling tinggi di dalam Islam adalah mengerti agama.
  3. Memegang kekuasaan pemerintahan merupakan hal yang dibenci.
  4. Haramnya sika mudaahanah (mencari muka) dan mukhaada’ah (memperdaya orang), yaitu orang yang datang kepada seseorang dengan satu muka, kemudian datang kepada yang lainnya dengan muka berbeda.

Sumber:  Syarah Riyadhush Shalihin Jilid 5 karya Syaikh Salim bin Ied Al-Hilali hadis no 1540

One response

  1. android free ipad games free download iphone apps…

    […]It’s exhausting to seek out educated folks on this matter, however you sound like you recognize what you’re speaking about! ThanksYou must take part in a contest for one of the best blogs on the web. I will recommend this web site![…]…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: