Antara 10 September Idul Fitri dan 11 September Peristiwa Bom WTC


Lebaran tahun ini agak beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di Indonesia  dan dunia seluruhnya serempak hari Jumat, tanggal 10 September 2010. Di Indonesia, biasanya beda-beda lebarannya, alhamdulillah sekarang bersamaan . Namun, beda dengan muslim di Amerika sana. Mengapa? Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini sekitar 10 ribu Muslim yang biasa membanjiri wilayah Silver Spring, Maryland, yang menjadi pusat komunitas Muslim di Amerika Serikat (AS) tidak dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh kemeriahan. Acara ibadah seperti shalat Id memang tetap akan berlangsung, tetapi kali ini tidak akan diikuti dengan pesta makanan dan pentas seni sebagai wujud suka cita meraih kemenangan atas hawa nafsu yang mereka perangi selama sebulan penuh berpuasa.

Perayaan Idul Fitri di AS kali ini nyaris bertepatan dengan peringatan serangan 11 September terhadap menara kembar WTC di New York atau tragedi 9/11 sembilan tahun silam. Lebaran kali ini, banyak masjid di AS akan lebih mengadakan kegiatan yang ditujukan untuk memperingati korban serangan 11 September yang juga memakan banyak korban warga Muslim AS.

“Tidak ada perayaan, tidak ada festival. Orang tidak berani melakukan hajatan pada 11 September karena bertepatan dengan tragedi itu dan kami cukup sensitif dengan hal itu,” kata Rashid Makhdoom, salah satu direktur dari pusat komunitas Muslim tersebut seperti dikutip The Washington Post, Senin (6/9). Setidaknya, Muslim AS sedikit lega karena banyak organisasi Muslim termasuk Komunitas Islam Amerika Utara (ISNA) dan Dewan Fikih Amerika Utara (FCNA) yang menyatakan bahwa Lebaran di AS akan jatuh pada 10 September, sehari sebelum peringatan 9/11. (berita selengkapnya dari republika.co.id)

Satu tanggapan

Tinggalkan komentar