Fatwa Larangan Al-Quran Jadi Ringtone Dicetuskan


Sebuah komunitas Islam bernama Jamia Ashraf-ul-Madaris di Kanpur, India, tengah menyiapkan fatwa pelarangan penggunaan ayat suci Al-Quran sebagai nada dering (ringtone).

Berikut alasan yang menjadi latar belakang komunitas itu. Katakanlah ada seorang pengguna ponsel yang memasang ayat Al-Quran sebagai ringtone, kemudian ada panggilan di ponselnya dan ia menjawabnya. Maka yang terjadi di sini adalah ayat tersebut akan terpenggal isinya.

Nah, kejadian seperti inilah yang ingin dihindari. Yaitu, memotong ayat Al-Quran di tengah jalan, karena dikhawatirkan dapat mengubah arti sebenarnya dari ayat tersebut.

Bahkan diklaim, mereka yang mendengarkan ayat ini secara setengah-setengah adalah anti Islam. Demikian dikatakan oleh Ghyasuddin, salah satu tetua di kelompok Jamia Ashraf-ul-Madaris, seperti dikutip detikINET dari Channel4, Kamis (16/4/2009).

Tak hanya itu, sebuah kritikan pedas juga ditujukan pada mereka yang menggunakan ponsel di toilet selagi masih memasang ringtone ayat Al-Quran. Sebuah dosa jika ayat suci ini terdengar terlantun di area toilet, masih menurut kelompok tersebut.

Selain itu, kelompok Jamia Ashraf-ul-Madaris juga melarang fungsi vibrate (getaran) diaktifkan saat sholat. Meski tak mengeluarkan suara, namun hal ini tetap dianggap dapat mengganggu kekhusyukan ibadah sang pemilik. Sumber: www.detik.com

Fatwa ulama ahlussunnah salafiyin juga sudah berlalu dan sudah pasti. Berikut ini fatwa Asy-Syaikh:

Apa hukum menggunakan adzan dan qira’ Alquran (murotal) dalam alarm/nada dering telepon (handphone) sebagai pengganti musik?

Berkata Al-Allamah Syaikh Shalih Bin Fauzan Al-Fauzan: Hal ini merupakan penghinaan atau termasuk merendahkan (penyalahgunaan) terhadap adzan, zikir, dan Alquran. Jadi, tidak seharusnya menjadikannya sebagai alarm (ring tones). Alquran tidak boleh dijadikan sebagai alarm/nada dering. Jika dikatakan: “Ini lebih baik daripada musik!” Bantahlah: “Ya, apakah kamu terpaksa dengan musik?! Tinggalkan musik dan taruhlah sesuatu yang ada sebagai ring tone, seperti bunyi normal. Sesuatu yang bukan mengandung musik ataupun yang mengandung Alquran. Sesuatu yang sederhana sebagai bunyi dering.

Fatwa Shaykh Shalih al-Fawzan dari kaset berjudul: Liqa’ Maftuh ma’a Asy-Syaikh Al-‘Allamah Shalih bin Fauzan Al-Fauzan (hafidhahullah) tanggal 10-23-1426 Hijriah.

Sumber: ANTOSALAFY

8 responses

  1. Assalamualaikum,

    kalau kita hanya menggunakan tanda getar saja pada HP yang kita gunakan
    terkadang masih kurang jelas terdengarnya apalagi kalau kita sering berada
    diatas kendaraan bermotor dan tanda getar pada hp membuat batere hp jadi boros . jadi nada dering apa yang diperbolehkan?

    wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
    di fatwa syaikh fauzan menyarankan untuk menggunakan ringtone yang biasa aja, selain musik. wallahu a’lam

    Wassalamualaikum.

  2. Assalamu’alaikum Mas Anto dan semuanya
    Fatwa tersebut juga sudah dikeluarkan oleh Syaikh Ubaid Al-Jabiri
    silahkan dicari sendiri ya…
    Untuk nada dering apa yang boleh digunakan itu apa saja boleh, kecuali ada larangannya. Misalnya, musik maupun ayat Al-Quran. Karena musik itu jelas hukumnya, dan menjadikan Al-Quran sbg ringtone adalah memuat unsur tidak menghormatinya. APalagi seringnya bacaannya terputus di tengah ayat.
    Silahkan pake suara burung, suara mobil, suara teriakan adik, “Bang, ada SMS tuh. Tolong diangkat gih!” dan sebagainya. Lagian, sekarang dah banyak kok nada dering ‘gokil’ yang Insya Allah juga nggak mengandung keharaman. Ato yang lebih bagus, “Afwan ya akhi. Itu telpon dari tadi bunyi terus. Ada panggilan kali. Mbok diangkat, Barakallahu fiik!”
    hihihiih
    wallahu a’lam
    http://www.gema-ilmu.com
    Pusat Belanja Buku dan Kitab Murah, Mudah, Cepat dan Amanah!

  3. “Afwan ya akhi. Itu telpon dari tadi bunyi terus. Ada panggilan kali. Mbok diangkat, Barakallahu fiik!” <—- boleh juga niihhh

    Barakallahu fiik

  4. Wah haram ya,pdhal saya lebih prefer pake ringt0ne Qur’an daripada musik satanic2 (kesukaan saya jaman dulu),,kalo bacaanny g dputus boleh kali?Menurt sy pake ringt0ne t justru krn mgh0rmati ayatnya,kan namanya jg memanfaatkn tekn0logi..Hehe smangat terus ya ngeblognya,maju terusss ..Visit blog sy jg dunk hahaha,k0menny g bkal dm0derasi,mw ng0melin jg terserah

  5. problemamuslim | Balas

    Assalamu’alaykum,

    Afwan ya akhi. Coba antum cek komentar dari Frida Lidwina. Antum download link dr dia. Karena ada unsur penipuan tampaknya. Ana dapat kabar bahwa isinya mengandung Al-Kitab (Kristen). Ada baiknya antum cek dulu.

    BarokAllahu fiiyk

    ana nggak sempat cek. sebagai antisipasi, ana tolak komentarnya. sukron

  6. puna qw silent trz, ga bth nada dering.hehehe…..

  7. hp saya teknologinya jadul
    jadi ga bisa pake ringtone alquran..

  8. problemamuslim | Balas

    tambahan penjelasan mengenai larangan memakai ringtone Al-Qur’an untuk HP dari Al-Ustadz Dzulqarnain :

    http://www.4shared.com/file/95264476/f04cee2b/Bolehkah_menggunakan_suara_adzan_atau_bacaan_al-Quran_utk_nada_dering_HP.html

    Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: