(Hot News) Tips Aman Transaksi di ATM


Heboh misteri bobolnya rekening nasabah Bank BCA, BNI, dan Permata di Kota Bali menyedot perhatian akuntan dan perbankan. Bagaimana nggak, kerugian yang diderita karena ulah tangan jail canggih ini mencapai milyaran. Hampir 200an orang mengalami nasih sama, ATMnya dibobol. Diduga pembobol adalah seseorang dari negara Rusia yang bekerja sama dengan krocok-krocok di Indonesia. Akhirnya, Bank Indonesia memberi tips aman bagi Anda saat transaksi di ATM. Berikut tips aman dari BI.

BI Bagi Tips Aman Transaksi di ATM

Bank Indonesia (BI) mengimbau agar nasabah bank selalu meneliti kondisi mesin ATM dan Electronic Data Capture (EDC) bila hendak bertransaksi di ATM. Hal itu untuk menghindari terulangnya pembobolan rekening oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Hingga Kamis (21/1/2010), kemarin, BI mencatat potensi kerugian dari aksi pembobolan tabungan nasabah ini mencapai Rp 5 miliar dari 4 bank. Namun, BI telah memerintahkan kepada keempat bank tersebut untuk mengganti uang milik nasabah yang raib.

Biro hubungan masyarakat BI, Difi A Johansyah, melalui rilis kepada detikcom mengatakan, bank telah diminta untuk mengganti ATM nasabah yang dicurigai datanya dicuri. Mesin-mesin ATM maupun EDC juga diperintahkan agar diperiksa baik sistem maupun fisiknya.

Nah, kepada para nasabah, BI membagi tips-tips untuk menghindari praktek ilegal atas kartu ATM oleh pihak-pihak yang tidak berhak:

1. Melindungi kerahasiaan PIN ATM dengan cara:

  • Mengganti PIN secara berkala
  • Menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga tidak terlihat pihak lain
  • Tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN.

2. Memperhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya, dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melapor kepada pihak bank terdekat atau ke yang berwajib.

3. Pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM pada merchant (toko yang bekerja sama dengan pihak perbankan), diharapkan nasabah memerhatikan kondisi alat EDC, bila terdapat alat (device) mencurigakan yang menempel pada EDC atau hal lain yang mencurigakan, nasabah dihimbau tidak bertransaksi dan segera melapor kepada pihak bank terdekat atau yang berwajib.

4. Segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi.

5. Cari lokasi ATM yang relatif aman.

6. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM, waspadalah selalu.

Semoga tips aman ini berguna bagi Anda. Dan saya berharap para pembobol ATM ini segera tertangkap polisi dan dihukum. Wallahul musta’an

Sumber berita: http://www.detiknews.com/read/2010/01/22/061943/1283691/10/bi-bagi-tips-aman-transaksi-di-atm?991101605

Baca juga:

1. Misteri Pembobolan ATM BCA, BNI, Permata Online

2. Misteri Raibnya Uang Para Nasabah BCA, BNI, dan Permata di Bali: Semakin Hari Semakin Bertambah Korbannya

5 responses

    1. sama-sama mbak purwati.

  1. kerennnnnnnnnnnnnnnnnnn!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Blog walking

    Kalau mau foollow dmna???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: