Tanda Datangnya Hari Kiamat


Tanda-tanda datangnya hari kiamat bisa kita ketahui melalui apa yang telah diterangkan Allahu ta’ala dan Rasul-Nya shalallahu alaihi wa sallam. Tanda-tanda itu,  antara lain: keluarnya Dajjal, turunnya Nabi Isa Bin Maryam alaihissalam, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, munculnya binatang, dan matahari terbit dari barat.

 

Tanda-tanda Kiamat

—————————–

Perkara ketiga : Tanda-tanda hari kiamat (asraathus saa’ah):

Kata asyraath adalah bentuk jamak dari syarth, secara bahasa maknanya adalah : alamat/tanda. Kata saa’ah secara bahasa adalah waktu atau yang sedang berjalan dari waktu itu. Yang dimaksud di sini adalah kiamat, sehingga makna asraathus saa’ah secara istilah agama adalah tanda-tanda yang menunjukkan dekatnya hari kiamat. Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman :

Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya�? (QS. Muhammad : 18)

Penulis (Ibnu Qudamah) menyebutkan tanda-tanda hari kiamat sebagai berikut :

1. Keluarnya Dajjal

Secara bahasa adalah bentuk kata yang menunjukkan paling. Terambil dari kata ad dajil yang artinya adalah dusta dan penipuan. Adapun secara istilah syari’at adalah laki-laki penipu yang keluar pada akhir jaman yang dia mengaku-ngaku memiliki sifat rububiyah (mengatur alam dan menguasainya). Munculnya Dajjal adalah perkara yang ditetapkan dengan berdasar As Sunnah dan Ijma’ (kesepakatan ulama), Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Ucapkanlah oleh kalian (do’a berikut) : Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksa Jahannam, aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur, aku berlindung kepadaMu dari fitnah (ujian) Al Masih Ad Dajjal, aku berlindung kepadaMu dari fitnah (ujian) hidup dan mati? (1) (HR. Muslim)

Dan adalah Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam berlindung darinya ketika sholat (2) sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim. Kaum muslimin bersepakat akan keluarnya.

Kisah tentang Dajjal adalah sebagai berikut:

Dia keluar dari sebuah jalan antara Syam dan Iraq. Ia menyuruh manusia untuk beribadah kepadanya. Yang paling banyak pengikutnya adalah kaum Yahudi, kaum wanita, dan orang-orang gunung. Dia diikuti oleh 70.000 orang Yahudi Asfahaan. Dajjal berjalan dimuka bumi seperti hujan yang diikuti angin kecuali Makkah dan Madinah. Dia tidak bisa masuk ke kedua kota ini. Lama tinggalnya adalah 40 hari, yang satu harinya adalah seperti satu tahun, satu hari lainnya seperti satu bulan, satu hari lainnya seperti satu pekan, dan hari-hari lainnya adalah seperti biasa. Salah satu matanya buta. Tertulis diantara dua matanya kaaf, faa’, dan Radiyallahu ‘anha’ (maksudnya tulisan KAFIR). Hanyalah orang-orang yang beriman yang bisa membacanya. Dia bisa mendatangkan fitnah (ujian) yang dahsyat. Diantaranya adalah dia memerintahkan langit untuk hujan maka terjadilah hujan, memerintahkan bumi sehingga tumbuh. Bersamanya surga dan api. Surganya adalah api sedangkan nerakanya adalah surga. Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam memperingatkan umat darinya, beliau bersabda :

Barangsiapa yang mendengarnya maka hendaklah menjauh darinya, dan barangsiapa yang bertemu dengannya maka hendaklah membacakan kepadanya permulaan surat Al Kahfi? (3)

2. Turunnya ‘Isa bin Maryam

Turunnya ‘Isa bin Maryam ‘Alaihis Salam adalah perkara yang ditetapkan berdasar Al Quran, As Sunnah dan Ijma’.

Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman :

Tidak ada seorang pun dari Ahli Kitab kecuali akan beriman kepadanya (’Isa) sebelum kematiannya? (QS An Nisaa : 159)

Yaitu kematian ‘Isa ‘Alaihis Salam tatkala berliau diturunkan sebagaimana yang ditafsirkan oleh Abu Hurairah.

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Demi Allah ‘Isa bin Maryam benar-benar akan turun sebagai hakim yang adil? (4) (Muttafaqun ‘alaihi)

Kaum Muslimin bersepakat atas turunnya nabi ‘Isa ‘Alaihis Salam. Dia turun di menara putih yang terletak di sebelah timur Damaskus. Dalam keadaan meletakkan kedua telapak tangannya pada sayap dua malaikat. Tidak ada seorang kafir pun yang mendapati bau napasnya kecuali akan mati, sedangkan napasnya mencapai jarak pandang beliau. Kemudian beliau mencari Dajjal dan akan mendapatinya di pintu Ludd lalu beliau membunuhnya. Beliau menghancurkan salib, tidak menerima upeti, sujud hanya dilakukan untuk Allah Rabb seluruh alam. Beliau berhaji dan berumrah. Peristiwa ini semuanya adalah perkara yang telah ditetapkan sebgaimana yang ada pada shahih Muslim sedangkan sebagian lainnya ada pada shahih Al Bukhari dan Shahih Muslim. (5)

Al Imam Ahmad dan Abu Daud meriwayatkan bahwa: ‘Isa akan tetap hidup selama 40 tahun setelah membunuh Dajjal kemudian meninggal dan dishalati oleh kaum muslimin. (6) Al Bukhari menyebutkan dalam kitab tarikhnya (sejarah) bahwa ‘Isa akan dikuburkan bersama Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, Wallahu a’lam.

3. Ya’juj dan Ma’juj

Dua nama ini adalah dua nama ajam (bukan Arab) atau bahasa Arab yang diambil dari kata al ma’ju artinya goncang. Atau dari kata gemuruhnya api dan jilatannya.

Keduanya adalah keturunan Nabi Adam ‘Alaihis Salam berdasarkan Al Quran dan As Sunnah. Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman yang berisi kisah Dzulqarnain :

Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. Mereka berkata: “Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?” (QS. Al Kahfi : 93-94)

Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Allah berfirman pada hari kiamat nanti : Wahai Adam bangkitlah dan keluarkanlah dari anak cucumu orang-orang yang digiring ke neraka…… (sampai sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam) bergembiralah bahwa di antara kalian hanya satu, sedangkan dari Ya’juj dan Ma’juj 1.000 orang?. (HR Bukhari Muslim) (7)

Keluarnya mereka yang menjadi tanda-tanda hari kiamat belum terjadi sekarang. Akan tetapi tanda-tanda keluarnya telah ada semenjak zaman Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Dalam shahi Al Bukhari dan Muslim diriwayatkan bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata:

Hari ini telah mulai terbuka dari dinding Ya’juj dan Ma’juj sebesar ini, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam membuat lingkaran dengan ibu jari dan jari telunjuk? (8)

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj adalah perkara yang ditatapkan berdasarkan Al Quran dan As Sunnah. Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman :

Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Anbiyaa : 96-97)

Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Sesungguhnya kiamat belum akan tiba sampai kalian melihat sepuluh tand? Kemudian beliau menyebutkan, yaitu: “kabut, Dajjal, binatang yang bisa berbicara, terbitnya matahari dari barat, turunnya ‘Isa bin Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, dan tiga tempat yang ditenggelamkannya bumi: di timur, barat, dan di jazirah Arab, yang kesepuluh adalah keluarnya api dari Yaman yang menggiring manusia ketempat berkumpulnya mereka? (HR. Imam Muslim) (9)

Dalam hadits An Nawwaas bin Sam’aan bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda tentang ‘Isa bin Maryam setelah membunuh Dajjal, ketika itu Allah mewahyukan kepada ‘Isa bahwa Aku telah mengeluarkan segolongan hamba-Ku yang tidak ada sesiapapun yang dapat memeranginya, oleh karena itu bawalah hamba-hamba-Ku ke gunung thur. Kemudian Allah mengeluarkan Ya’juj dan Ma’juj dalam keadaan mereka turun dengan cepat dari tempat yang tinggi. Bagian pertama turun melewati danau Thabariyyah lalu meminum semua yang ada,d an baigan yang paling akhirnya berlalu pada tempat air tersebut sambil mengatakan: sungguh pada tempat ini pernah ada air. Kemidian mereka berlalu, sampailah mereka di gunung Al Khamru yaitu gunung di Baitul Maqdis. (Sesampainya di sana) mereka mengatakan sungguh kita telah membunuh semua yang ada di bumi, maka marilah kita membunuh Yang di langit. Panah-panah mereka lemparkan ke langit dan Allah mengembalikan panah mereka penuh dengan darah. Nabiyullah (’Isa) dan para pengikutnya terkepung sampai-sampai satu kepala sapi yang mereka miliki adalah lebih baik daripada 100 dinar yang kalian miliki pada hari ini. Nabi ‘Isa ‘Alaihis Salam dan para pengikutnya berdo’a kepada Allah, lalu Allah mengirimkan ulat pada leher merka sehingga mereka semua mati seperti meniggalnya satu nyawa. Nabi ‘Isa ‘Alaihis Salam dan para pengikutnya berdoa kepada Allah lalu Allah mengirimkan burung seperti leher onta. Burung itu membawa dan membuang semua bangkai ke mana Allah menghendakinya. (HR. Muslim) (10)

4. Munculnya Binatang (daabbatun)

Secara bahasa adalah segala yang berjalan di muka bumi. Yang dimaksud di sini adalah binatang tertentu yang Allah keluarkan menjelang hari kiamat. Keluarnya binatang ini adalah perkara yang ditetapkan oleh Al Quran dan As Sunnah. Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfiman :

Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami? (QS. An Naml : 82)

Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Sesungguhnya kiamat belum akan tiba sampai kalian melihat sepuluh tanda?

Kemudian beliau menyebutkan yang salah satunya adalah binatang melata. Riwayat Al Imam Muslim (11)

Namun tidak terdapat keterangan tentang dimana binatang itu akan keluar, baik dari Al Quran dan As Sunnah yang shahih. Akan tetapi keterangan ini terdapat pada hadits-hadits yang masih diperbincangkan tentang keshahihannya (keabsahannya). Yang tampak jelas dari Al Quran adalah binatang yang memberikan peringatan manusia tentang dekatnya azab dan bencana. Wallahu A’lam.

5. Munculnya Matahari Terbit dari Barat

Perkara ini adalah perkara yang ditetapkan berdasarkan Al Quran dan As Sunnah. Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman :

Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya? (QS. Al An’am : 158)

Yang dimaksud dengan tanda-tanda dari Allah adalah terbitnya matahari dari barat.

Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Hari kiamat tidak akan muncul sampai matahari terbit dari barat. Bila telah terbit (dari barat) dan manusia menyaksikannya maka mereka semua akan beriman, namun saat itu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. (Muttafaqun ‘alaihi) (12)

Sumber : Syarh Lum’atil I’tiqad, Edisi Indonesia : Mengenal Pokok-pokok Keyakinan Ahlussunnah, Penulis : Asy Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin-rahimahullah, Penerbit : Hikmah Ahlus Sunnah (HAS).

Footnote :

  1. Shahih diriwayatkan oleh Al Bukhari (Al Janaa-iz, bab: At Ta’awwudz min ‘Adzaabil Qabri / 1377/Fathul Baari), Muslim (Al Masaajid wa Mawaadhi’ Ash Sholah, bab: Maa Yusta’adzu minhu fii Ash Sholah/588/Abdul Baqi), At Tirmidzi (Ad Da’waat, bab: Fii Al Isti’aadzah/3604), An Nasaai (Al Isti’aadzah, bab : Al Isti’aadzah miin ‘Adzaab An Naar /8/278/Suyuthi), dan Ahmad (2/522)

  2. Lihat keterangan sebelumnya

  3. Shahih: Diriwayatkan oleh Muslim (Al Fitan bab: Dzikr Ad Dajjaal/18/65/Nawawi), Abu Dawud (Al Malaahim, bab: Khuruuju Ad Dajjaal /4321), At Tirmidzi (Al Fitan, bab: Maa jaa-a fii Ad Dajjaal wa Khuruuju ‘Isa bin Maryam … /4075), dan Ahmad (4/181)

  4. Shahih diriwayatkan oleh Al Bukhari (Al Buyuu’, bab: Qatil Khinzir /2222/ Fathul Baari), Muslim (Al Iman, bab: Nuzuul ‘Isa bin Maryam ‘Alaihis Salam/155/Abdul Baaqi), dan Ahmad (2/240) dengan redaksi berikut: “Demi Dzat Yang jiwaku berada di Tangan-Nya, ‘Isa bin Maryam benar-benar akan turun sebagai hakim yang adil, lalu menghancurkan salib, membunuh babi, menolak upeti, melimpah harta hingga tidak ada yang menerimanya lagi.”

  5. Lihat catatan kaki sebelumnya

  6. Shahih: diriwayatkan oleh Abu Daud (Al Malaahim, bab: Khuruuj Ad Dajjaal /4324) dan Ahmad (2/406), Al Albani berkata: Hadits ini sanadnya shahih, sebagaimana yang dikatakan oleh Al Hafidz dalam Fathul Baari sesuai dengan syarat Muslim. Selesai penukilan dari Ash Shahihah (2182).

  7. Shahih : diriwayatkan oleh Al Bukhari ((At Tafsir, bab Wa Taran Naasa Sukaara)/4741/Fathul Baari), Muslim (Al Iman, bab: Qaulihi yaquulullah liaadam akhrij ba’tsan naar /222/Abdul Baaqi), dan Ahmad (3/33)

  8. Shahih: diriwayatkan oleh Al Bukhari (Ath Thalaq, bab: Al Isyaarah fii Ath Thalaaq wal Umuur/5293/Fathul Baari), Muslim (Fitan, bab: Iqtiraabul fitan wa fathi radmi Ya’juj wa Ma’juj /2.880/Abdul Baaqi) dan At Tirmidzi (Fitan, bab: Maa jaa-a fii Khuruuj Ya’juj was Ma’juj/2187)

  9. Shahih: diriwayatkan oleh Muslim (Al Fitan, bab: Fiil Aayaat allaatil takuunu wabla As Saa’ah/2.901/Abdul Baaqi), Abu Daud (Al Malaahim, bab: Amaaraatus Saa’ah/4311), At Tirmidzi (Fitan, bab: Maa jaa-a fii Al Khasaf/2183), Ibnu Majah (Fitan, bab: Asyraatus Saa’ah/4041), dan Ahmad (4/7)

  10. Shahih: diriwayatkan oleh Muslim (Al Fitan wa Asyraatus Saa’ah, bab: Dzikr Ad Dajjaal /2937/Abdul Baaqi)

  11. takhrij hadits ini telah lalu

  12. Shahih: diriwayatkan oleh Bukhari (At Tafsir, bab: قل هلم شهدا ء كم/Abdul Baaqi/4635), Muslim (Al Iman, bab: Az Zaman alladzii laa yuqbalu fiihi al iimaan /157/Abdul Baaqi), dan Abu Daud (Al Malaahim, bab: Amaaraatus saa’ah/4312)

 Diambil dari http://www.shaff.co.nr/

One response

  1. mksd’a binatang pha tuh ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: