Heboh Bunga Raksasa Gemparkan Desa di Bogor


Allah Subhanahu wata’ala itu Mahakuasa, dengan kekuasaan-Nya Dia mampu menjadikan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, yang aneh menjadi masuk akal. Adalah cerita tentang salah satu kebesaran Allah, Siti Hamidah, 45 tahun, pemilik tumbuhan yang mirip bunga bangkai itu, yang mengaku kaget melihat ada bunga raksasa  mekar di halaman rumahnya.

Siti Hamidah adalah salah satu warga Kampung Lebak Kongsi, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Dan tentu saja kejadian mekarnya bunga raksasa itu membuat heboh warga setempat.

Menurut Siti, awalnya dia hanya menanam bibit pohon sejenis bunga suweg yang didapatkannya dari Purworejo, Jawa Tengah, sepuluh tahun lalu. Meski sudah 10 tahun, baru kali ini pohon yang ditanamnya berbunga.

Secara terpisah, Peneliti Botani dari LIPI, Sofi Mursidawati, mengatakan kemungkinan tumbuhan yang mekar di halaman rumah warga Sindangsari itu masih termasuk keluarga Rafflesia. “Biasanya yang banyak tumbuh di Bogor dan sekitarnya itu jenis Amorphophallus,” tegasnya.

Seperti diketahui, bunga bangkai adalah sekelompok tumbuhan dari genus Amorphophallus yang merupakan anggota keluarga dari Araceae (talas-talasan).

Jenis yang paling dikenal dari bunga bangkai (Amorphophallus) adalah bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau titan arum yang mempunyai nama latin Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas atau Sumatera Giant Amorphophallus.

Amorphophallus titanum memegang rekor sebagai bunga dengan struktur perbungaan tertinggi di dunia di susul Amorphophallus gigas di urutan kedua.

Karena keawaman kita sering kali menganggap bunga bangkai sebagai satu spesies (jenis) saja padahal bunga raksasa dan tertinggi ini terdiri atas sekitar 170 spesies di seluruh dunia.

Yang lebih parah, tidak sedikit yang menyamakan bunga bangkai dengan bunga Rafflesia. Padahal antara Amorphophallus dan Rafflesia adalah dua bunga yang berbeda meskipun sama-sama berukuran raksasa dan mengeluarkan bau busuk. (Sumber berita: id.news.yahoo.com)

2 responses

  1. hebat jg y, ko bsa gtu???
    yg jdi prtanyaan, apakah bunga tu tiba2 udah gde ???
    psti kcil dlu kan??
    ko pmilik’y G tw cih??

  2. Websites you should visit…

    […]below you’ll find the link to some sites that we think you should visit[…]……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: