Email Hoax dari Facebook: Akun Anda Telah Dihapus!


Pagi ini saya kaget ketika buka email ada kiriman surat dari (ngakunya) Alert@Facebook.com. Nah, ini pengirim kasih berita begini:

Facebook Member,
You have deactivated your Facebook account. You can reactivate your account at any time by logging into Facebook using your old login email and password. You will be able to use the site like you used to.
Thanks,
The Facebook Team

Kalau menurut isi surat itu, berarti akun facebook saya sudah ditutup sama facebook. Dan untuk mengaktifkan akun saya, mereka kasih link reactivate seperti ini:
Nah, menurut saya, jangan sekali-kali kamu mengklik link itu. Bisa jadi itu jebakan. Saya sudah cek ke facebook saya dan masih bisa masuk dengan login seperti biasa. Kesimpulanku, ini adalah email hoax. Hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar.

Ciri-ciri Hoax:

  1. Didistribusikan via email dan acapkali memanfaatkan media mailing list.
  2. Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya.
  3. Diakhiri dengan imbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas.
  4. Terkadang pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya. Tapi sekarang sering mencantumkan alamat email.

Kalau kamu menerima hoax seperti itu abaikan aja atau delete dari email kamu.

Tinggalkan komentar