Mana yang Benar, WIB atau BBWI?


WIB atau BBWI?

Sejalan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1987, wilayah waktu di Indonesia dibagi menjadi tiga yang masing-masing dikenal oleh masyarakat dengan singkatan WIB, Wita dan WIT. Bentuk kepanjangannya masing-masing adalah Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah, dan Waktu Indonesia Timur. Pada ungkapan itu kata barat, tengah, dan timur menerangkan kelompok kata waktu Indonesia dan bukan hanya menerangkan kata Indonesia. Dengan demikian, harus ditafsirkan bahwa yang dibagi adalah wilayah waktu, bukan wilayah (pemerintahan) Indonesia menjadi Indonesia Barat, Indonesia Tengah, ataupun Indonesia Timur.

Dalam penggunaannya di masyarakat muncul singkatan BBWI, alih-alih WIB. Ada yang menyebutkan kepanjangannya (a) Bagian Barat Wilayah Indonesia dan ada pula yang menyebutkan (b) Bagian Barat Waktu Indonesia. Kepanjangan (a) tidak mengacu ke wilayah waktu. Selain itu, Bagian Barat Wilayah Indonesia dapat ditafsirkan ‘daerah yang terletak di sebelah barat di luar wilayah Indonesia’ karena dalam urutan kata seperti itu kelompok kata bagian barat diterangkan oleh kelompok kata wilayah Indonesia. Kepanjangan (b) lebih kacau lagi tafsirannya karena kelompok kata bagian barat yang diterangkan oleh kelompok kata waktu Indonesia sulit dipahami maknanya. Dalam hal itu terjadi pembalikan urutan diterangkan-menerangkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Bahasa menganjurkan agar masyarakat pemakai bahasa Indonesia untuk tetap menggunakan ungkapan yang lazim dan benar menurut kaidah bahasa Indonesia. Dengan demikian, di dalam hal pembagian (wilayah) waktu di Indonesia, penggunaan singkatan yang benar adalah WIB (bukan BBWI).

Sumber: http://pusatbahasa.depdiknas.go.id/lamanv3/?q=detail_petunjukpraktis/52

3 responses

  1. Awalnya saya mengira singkatan tersebut adalah bagian dari perkembangan EYD dan aturan baku Bahasa Indonesia. Sebab saya perhatikan dari pelajaran sekolah ataupun buku-buku cetak dari zaman dulu hingga sekarang, sepertinya EYD seringkali berubah menyesuaikan perkembangan zaman dan kondisi masyarakat.
    Dulu kalau saya tidak salah ingat, sepertinya ada yang mengajarkan saya tentang BBWI (?)

    O, ternyata yang dibenarkan adalah WIB.

    EYD adalah ejaan yang disempurnakan. Jadi, selalu ada yg disempurnakan seiring berlalunya zaman.

  2. gitu ajah kok repot

    weleh-weleh…

  3. Abu Harun | Sunniy Salafy | Balas

    Pusink belajar bhs Indonesia, selalu berubah eyd nya. Mendingan belajar bhs arab ajah

    EYD nya nggak selalu berubah. Misalnya, tanda titik tetap dan selalu digunakan untuk akhir kalimat berita. Tidak berubah. Cuma perkembangan itu utk kesempurnaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: