Cara Mudah Cloning Atau Copy Website WordPress


Kali ini saya akan berbagi cara cloning  atau copy website wordpress paling mudah dan paling cepat. Bagi saya ini adalah cara yang paling mudah. Dulu saya pakai cara manual yang cukup merepotkan. Untuk copy / cloning wordpress, saya harus membackup database dan file-filenya. Hal ini cukup menyita waktu kita.

Nah,, setelah banyak cara yang saya coba. Kini ada cara termudah untuk mengclone / copy website kita tanpa ribet dan repot.

Oke langsung saja ya,  kuncinya adalah kita menggunakan tool gratis yaitu plugin “Wp Clone”. Plugin Wp Clone ini digunakan untuk mengcopy / clone website kita dengan cara yang sangat mudah.

Langkah pertama, kamu install dulu plugin wp clone. Caranya kamu ke menu plugin di dashboard wordpress kamu, di kolom search kamu masukkan keyword Wp Clone, misalnya.

install wp clone cloning wordpress

Kalau sudah ketemu, langsung install saja ya dan aktifkan plugin “WP Clone”.

Kalau sudah aktif, kamu ke menu plugin Wp clone, kemudian ada 2 opsi ya yaitu “Create Backup” dan “Restore Backup”.  Menu create backup ini fungsinya untuk membackup website wordpress kamu, jika digunakan maka format yang dihasilkan adalah zip, yang tersimpan di hosting.  Sedangkan menu Restore Backup ini fungsinya untuk mengcloning / copy website wordpress kamu.

clone copy website wordpress dengan mudah

Nah langkah selanjutnya, kamu buat backup dulu / master website, caranya masuk ke dashboard wordpress kamu, kemudian klik create backup. Nanti akan muncul url / link master website kamu.   Kalau sudah, kamu ke website yang mau dicopy / cloning, kemudian klik “Restore from url”.

Cara Cloning Atau Copy Website WordPress Paling Mudah

Dan selesai, cukup mudah kan. Ini adalah cara yang saya gunakan untuk mengcloning website website saya, jadi tanpa menginstall plugin & setting-setting lainnya.

Saya menggunakan hosting Siteground, hanya dalam hitungan detik sudah selesai. Gak sampai 10 detik, untuk restore website dengan ukuran sekitar 83 MB.

Cara mudah dan paling cepat cara mengcopy / cloning website wordpress kamu ya gunakan cara ini. Demikianlah sitampan yang membagikan pengalamannya mengcloning website dengan cepat.   Oke selamat mencoba!

Sumber:http://www.sitampan.com/cara-cloning-copy-website-wordpress-paling-mudah/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: