Meluruskan Pemahaman tentang Bid’ah


Meluruskan Pemahaman tentang Bid’ah

Penulis: Al-Ustadz Abu Muawiyah

astreastar_1986“Dikit-dikit bid’ah, dikit-dikit bid’ah,” “apa semua yang ada sekarang itu bid’ah?!” “kalau memang maulidan bid’ah, kenapa kamu naik motor, itukan juga bid’ah.” Kira-kira kalimat seperti inilah yang akan terlontar dari mulut sebagian kaum muslimin ketika mereka diingatkan bahwa perbuatan yang mereka lakukan adalah bid’ah yang telah dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya. Semua ucapan ini dan yang senada dengannya lahir, mungkin karena hawa nafsu mereka dan mungkin juga karena kejahilan mereka tentang definisi bid’ah, batasannya dan nasib jelek yang akan menimpa pelakunya.

Karenanya berikut uraian tentang difinisi bid’ah dan bahayanya dari hadits Aisyah yang masyhur, semoga bisa meluruskan pemahaman kaum muslimin tentang bid’ah sehingga mereka mau meninggalkannya di atas ilmu, Allahumma amin.

download bid’ah.doc

Sumber: http://al-atsariyyah.com/?cat=9

One response

  1. saya udah membaca tulisan bid’ah dan bahayanya,

    dan itu membuka wacana saya tentang islam terutama bid’ah.

    saya kira ilmu saya tidak setinggi ilmu penulis, tapi sedikit yang saya ketahui, permasalahan tentang bid’ah ini telah menimbulkan pertumpahan darah di pakistan akibat perbedaan pendapat.

    jika memang anda yakin benar dengan pemasalahan bid’ah bahwa anda berada di posisi yang benar kenapa anda tidak mengadakan “uji materi” pada “para ahli bid’ah”

    tentu orang yang tahu tapi membiarkan yang lain dalam ketidaktahuan termasuk perbuatan yang kurang baik bagi saya.

    yang saya heran bukahkah “para ahli bid’ah” telah mengajak dialog tentang permasalahan ini,tapi tidak pernah di tanggapi serius. (contoh: di UIN surabaya)

    yang lebih mengherankan tentu akan sulit mempertemukan orang-orang yang berpegangan pada ajaran wahabi, dengan aswaja yang berpegang pada manhaj.

    harusnya orang” yang menentang bid’ah berani bersuara lantang jika anda benar, hal yang sama pernah di lakukan haidratussyekh K.H. Hasyim Asy’ari ketika pemerintah Arab Saudi akan meleburkan islam dalam satu pemahaman dan satu mazhab.(beliau menghadap langsung kepada dewan ulama untuk melakukan diskusi dan berhasil ).

    mengapa orang-orang yang sepertinya banyak tahu hanya “ng’gerundel” tanpa berani bicara lantang.

    katakan dengan lantang bahwa yang di yakini anda benar.

    cobalah anda sekali-kali melihat dari sisi sebaliknya dan melakukan pemahaman dari sisi yang lain dengan dasar yang berbeda serata guru yang berbeda pula.

    itu tentu akan menambah wacana anda, untuk tidak hanya melihat dari satu sisi, tapi melihat dari semu sisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: