Tajamnya Daya Ingat Syaikh Bin Baz (Rahimahullah)


Tajamnya Hafalan Syaikh Bin Baz Rahimahullah

Berkaitan dengan Al-Imam Al-Allamah Asy-Syaikh Abdul Aziz Bin Baz rahimahullah, telah diceritakan oleh Syaikh Abdul Aziz As-Sadhan seperti berikut:

Dan dari ketepatan hafalan (daya ingat) Syaikh, saya pernah sekali waktu bertanya di dalam sebuah halaqah/pelajaran: “Ya Syaikh, hadist yang dijelaskan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani di dalam Kitab Bulughul Maram:

…dan saya berhenti, dan Syaikh pun berkata: “Hadist ini tidak ada di Bulugh (Al-Maram).” 

Kemudian, saya menjawab: “Ya Syaikh, saya membacanya di Bulugh (Al-Maram)”.

Kemudian, beliau mulai berpikir, lantas berkata: “Hadist ini tidak ada di Bulugh (Al-Maram)”.

Kemudian, seorang ikhwan mengisyaratkan kepada saya bahwa Syaikh tetap tidak berubah.

Kemudian, saya berkata: “Ya Syaikh, saya telah membacanya.”

Beliau rahimahullah berkata: “Bawalah (Bulughul Maram) besok “, dan durs ini dilanjutkan lagi pada hari Kamis.

Kemudian, saya mulai membuka kembali Kitab Bulughul Maram halaman demi halaman, tetapi tidak kunjung menemukannya. Dan setelah beberapa waktu berlalu, saya hitung kira-kira 4-5 bulan, akhirnya saya menemukan hadist tersebut di sana (Kitab Bulughul Maram), lalu saya mendatangi Syaikh Bin Baz dan berkata: “Ya Syaikh, semoga Allah memperbaiki urusan Anda. Saya menanyakan sebuah hadist dan menyebutkan bahwa hadist itu terdapat dalam Kitab Bulughul Maram, tetapi Anda menyangkalnya, dan saya sekarang membawa hadist tersebut.

Kemudian, beliau berkata: “Bacalah!”

Lalu, saya berkata: “Dari Abu Said Al Khudri radhiallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

Beliau rahimahullah berkata: “Ya, bagaimanapun, kamu telah mengatakan hadist itu dengan lafal 

padahal hadist ini terdapat di dalam Shahih Al-Bukhari. 

Sumber: Al-Imam Ibn Baz – Durs wa Mawaqif wa ‘Ibar – halaman 125

Diterjemahkan oleh Abu Maulid 

—————————————————————————

And from the accuracy of the Shaykh’s memorisation…
*Please appropriately reference this quote to: http://www.fatwa-online.com, thankyou!*
Concerning the Imaam, the Shaykh – ‘Abdul-‘Azeez ibn Baaz (rahima-hullaah), it has been narrated by Shaykh ‘Abdul-‘Azeez as-Sad.haan:

“And from the accuracy of the Shaykh’s memorisation, I once asked him in a lesson: “O Shaykh, the hadeeth which al-Haafidth (ibn Hajar al-Asqalaanee) mentions in Buloogh al-Maraam is:

…and I paused, and he said: “this (hadeeth) is not in Buloogh (al-Maraam)”.

So I replied: “O Shaykh, I read it in Buloogh (al-Maraam)”.

So he began to think, then said: “this (hadeeth) is not in Buloogh (al-Maraam)”.

So one of the brothers indicated to me that the Shaykh was adamant.

So I said: “O Shaykh, I have read it”.

He said: “Bring it (Buloogh al-Maraam) with you tomorrow”, and this lesson took place on a Thursday.

So I began to turn over the pages of Buloogh (al-Maraam), page by page, but did not come across it. And after some time had passed, I would guess it was about 4 to 5 months, I found the hadeeth in Buloogh (al-Maraam), so I came to the Shaykh and said: “O Shaykh, may Allaah improve your affairs, I asked you about a hadeeth, and mentioned to you that it was in Buloogh (al-Maraam) and you denied it, and I have it with me now”.

So he said: “Read”.

So I said: “On the authority of Abu Sa’eed al-Khudree (radhi-yallaahu ‘anhu), who said: The Messenger of Allaah (sal-Allaahu `alayhe wa sallam) said:

He said: “Yes, however, you asked about the (hadeeth whose) wording (was):

…as for this hadeeth, then it is in (Saheeh) al-Bukhaaree“.

al-Imaam Ibn Baaz – duroos wa mawaaqif wa ‘ibar – Page 125

sumber: http://www.fatwa-online.com/jewelsofguidance/ibnbaaz/0010712.htm

Tinggalkan komentar