Cara Menghapus dan Mengedit Kredit Footer Link di WP Themes


Hampir semua free wordpress theme (WP themes) selalu dilengkapi dengan footer link yang berisi credit link untuk designer-nya dan saya pikir ini memang menjadi keniscayaan karena setiap designer mesti diapresiasi hasil kerjanya dan mereka pun berhak melakukan itu di setiap wp themes yang sudah dibuatnya.

Hanya saja sebagian besar free wp themes tersebut juga ditambahkan dengan footer link yang dienkripsi (encripted footer link) dan biasanya berisi sejumlah link dari sponsor. Encrypted footer link inilah yang kerap berpotensi menjadi masalah bagi pengguna theme itu nantinya. Apa masalahnya?

Sebelum membahas detail masalah yang bisa timbul atas penggunaan wordpress theme dengan encrypted footer link ini, saya kira perlu dijelaskan sedikit tentang latar belakang munculnya ide footer sponsor link di wordpress theme gratisan. Semuanya tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan bisnis link building dan blog advertising dewasa ini.

Para designer wordpress template seolah berlomba-lomba membuat design wp theme dengan berbagai pilihan sehingga menarik minat para blogger untuk menggunakan theme buatan mereka. Pada gilirannya akan terlihat wordpress theme yang paling banyak digunakan oleh para blogger dan ini memunculkan peluang bisnis baru untuk menjajakan link di dalam theme yang ada. Bagaimana caranya?

Jika seorang designer merasa yakin bahwa theme buatannya bagus dan akan mendapatkan banyak blogger sebagai penggunanya, maka dia bisa saja menjual space untuk link sponsor di bagian footer wp theme (footer.php) yang dibuatnya, dan untuk membuat para sponsor tergiur dengan tawaran itu, maka designer wp theme melakukan enkripsi terhadap kode link footer tersebut sehingga tidak (mudah) dihapus oleh para blogger pengguna. Ini dikenal sebagai encrypted sponsored footer link. Mungkin kawan-kawan sering mendapati hal seperti ini ketika menggunakan free wp theme.

Bagaimana tampilan encrypted sponsored footer link itu? Coba perhatikan contoh di bawah ini:

encrypted sponsored footer links

Jika anda menggunakan theme dengan footer link seperti ini dan blog anda berisi tentang hal yang tidak relevan dengan link-link tersebut, maka masalah akan berpotensi terjadi. Link yang tidak relevan (irrelevant links) dengan konten blog, terlebih lagi link yang berhubungan dengan situs yang dilarang oleh google seperti casino, adult, pharma dan sebagainya dapat mengakibatkan blog kita mendapatkan peringatan (red flag) atau bahkan bisa dihapus (banned) dari database mesin pencari.

Hal ini juga dapat dilihat oleh mesin pencari sebagai praktek jual beli link, sesuatu hal yang sangat dilarang oleh sebagian besar mesin pencari (besar), seperti google, yahoo dan bing. Tentang jual beli link, silahkan baca aturan google di sini.

Nah, bagaimana menghindari potensi masalah ini sementara sebagian besar blogger menggunakan free wordpress theme yang tentunya memiliki encrypted sponsored footer link? Postingan ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut. Saya akan berbagi cara untuk menghilangkan encrypted link footer di free wp theme.

Hal yang mesti dipahami bahwa tutorial ini bukan bermaksud untuk menghilangkan copyright dari para designer atas link sponsor di theme mereka. Postingan ini bukan pula bermaksud untuk membudayakan perilaku tidak menghargai hasil karya para designer wp theme, namun lebih pada upaya penyelamatan blog-blog para blogger. Saya sendiri menyarankan kepada para blogger untuk tetap memasang link kredit kepada (hanya) designer theme yang mereka pakai.

Pada sisi lain, artikel ini juga bisa sebagai seruan moral kepada para wordpress theme designer untuk lebih bijaksana dalam memasukkan link sponsor di footer theme mereka; jika membuat theme yang berhubungan dengan health, hendaknya hanya memasang sponsor link dari situs-situs kesehatan pula. Ini akan jauh lebih menguntungkan bagi semua pihak.

Cara Menghapus dan Mengedit Kredit Footer Link di WP Themes

Langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menghapus sponsor link di footer wordpress theme gratisan anda adalah sebagai berikut:

Login di dashboard blog wordpress anda, lalu masuk di menu APPEARANCE dan klik editor. Lihat gambar di bawah ini:

menghapus link footer

Silahkan klik file Footer (footer.php), maka akan kelihatan kode php yang telah dienkripsi (encrypted) seperti di bawah ini:

encrypted footer link wp

Selanjutnya buka file Main Index Template (index.php), kemudian carilah kode php untuk footer. Biasanya kode footer terletak pada bagian paling bawah. Kode footer-nya seperti di bawah ini:

<?php get_footer(); ?>

Nah, jika sudah ketemu dengan kode php untuk footer di file index.php tersebut, maka anda perlu memasukkan sedikit kode untuk menandai kode footer ini. Silahkan tambahkan kode di bawah ini persis di atas kode footer tadi:

<!–AstaFooterFinderTop–>

dan tambahkan kode ini persis di bawah kode footer tadi, lalu klik Update File (save):

<!–AstaFooterFinderBottom–>

Jadi tampilan index.php nanti akan terlihat seperti ini:

Kode footer di index.php

Nah, langkah selanjutnya adalah membuka browser baru dan melihat tampilan homepage blog anda setelah utak-atik kode theme tadi. Kali ini anda mesti melihat source blog dengan mengklik VIEW lalu PAGE SOURCE (jika anda menggunakan Firefox dan memang sebagai blogger sangat disarankan!). Bisa juga langsung dengan Ctr+U. Nantinya akan kelihatan kode source seperti di bawah ini:

page source index

Selanjutnya, kode seperti yang saya beri highlight warna biru di atas itulah yang anda harus COPY lalu PASTE ke file Footer (footer.php) di editor theme anda. Sebelumnya hapus dulu semua kode di Footer (footer.php) sebelum memasukkan kode dari page source tadi.

Setelah itu, mulailah melakukan editing terhadap link-link sponsor yang kelihatan di file Footer (footer.php) yang baru anda dapatkan dari page source seperti yang saya tunjukkan di atas.

Saya menyarankan untuk tetap membiarkan link ke designer theme yang anda pakai, dan hapus saja link sponsor yang tidak relevan. Jangan lupa untuk mengklik tombol Update File setelah semuanya sudah anda edit. Selesai.

Original link:http://www.astaqauliyah.com/blog/read/1738/cara-menghilangkan-encrypted-sponsored-footer-link-di-free-wp-themes.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: