Komentar di-Spam Akismet-WordPress??


Komentar Antum Dianggap SPAM oleh AKISMET-WORDPRESS??

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sekedar berbagi pengalaman semoga bisa bermanfaat. Jika
komentar anda dianggap spam oleh AKISMET-WORDPRESS, anda
bisa lakukan komplain dengan kontak AKISMET di alamat:
http://akismet.com/contact/

Tentu komplain dengan menggunakan bahasa Inggris yang pada
intinya meminta tolong pada akismet, dan meyakinkannya
bahwa komentar kita bukan spam. Dengan demikian harapannya
akismet akan menghapus data kita dari “daftar hitam”
komentar yang dianggap spam.

AKISMET adalah salah satu plugin WordPress yang bertugas
mengatasi spam (filter komentar). Dalam beberapa kasus,
kadang akismet keliru menganggap komentar biasa dari
pengunjung blog kita, atau bahkan kita sendiri sebagai
spam, padahal bukan spam. Berdasarkan pengalaman saya
googling di internet ketika komentar saya dianggap spam,
beberapa informasi saya dapatkan tentang kriteria komentar
yang bisa dianggap spam oleh akismet:

1. Jika mengirimkan komentar seringkali kita
berganti-ganti ID antara name,
email, dan nama blog kita. Hal ini akan mengakibatkan
salah satu dari 3 komponen ID kita, bisa nama blog, email
kita, atau bahkan nama kita dianggap spam. Kalau saya dulu
yang dianggap spam karena nama blog saya. Jadi tetapkan ID
kita.

2. Sering mencantumkan banyak link pada komentar
kita, misal:
silahkan anda buka link ini:
http://www.link1.com
http://www.link2.com
http://www.link3.com
dan seterusnya.

3. Komentar yang kurang hikmah atau kurang santun.
Sehingga moderator blog tersebut tidak meng approve
komentar anda namun memberi tanda bahwa komentar anda
adalah spam.

Informasi ini akan dikirim ke AKISMET dan ID kita akan
masuk ke dalam “black list”. Akibatnya komentar kita akan
dianggap spam. Jadi jangan
sembarangan berkomentar di blog orang lain.

Sejujurnya saya tidak mengerti persis secara teknis
bagaimana Akismet bekerja. Ini sekedar informasi dan
gambaran yang saya tangkap ketika saya googling waktu itu.
3 poin yang saya sebutkan di atas bukan batasan, mungkin
ada kriteria lain yang saya tidak tahu. Atau bisa jadi
harus ada yang harus diluruskan dari 3 poin di atas. Anda
bisa googling untuk mencari informasi tambahan. Wallahu
a’lam.

Pengalaman saya, dengan mengirim komplain ke pihak
akismet, maka pengembang akismet akan menanggapinya.
mereka akan mengirim balik email kepada kita. Kemudian
kita ikuti prosedur yang mereka inginkan. Biasanya mereka
menginginkan agar kita menuliskan komentar di suatu blog.
Jika komentar kita masih belum muncul kita akan diminta
untuk mengirimkan email lagi kepada mereka. Alhamdulillah
sekarang komentar saya tidak dianggap spam lagi.

Proses ini memakan waktu kira-kira 2 mingguan pengalaman
saya yang lalu. Rekan-rekan sekalian bisa membantu
teman/komentator yang bermasalah dengan cara mengecek
daftar komentar yang dianggap spam
yang masuk ke blog kita. Jika ada komentar dari rekan kita
yang dianggap spam, segera diapprove (centang/beri tanda
ini bukan spam). Informasi ini akan dikirimkan ke akismet.
Insya Allah sedikit banyak ini akan membantu
teman/komentator yang bermasalah tersebut.

Kata beberapa sumber, tanpa melakukan apa-apa nanti juga
akan normal sendiri, asalkan kita tetapkan ID kita. Tapi
waktu itu saya kurang sabar setelah menunggu agak lama
masih saja bermasalah, maka saya kirim komplain ke
akismet. Oya ternyata yang mengalami masalah seperti ini
tidak saya aja. Banyak juga rupanya. Jadi jika anda
mengalami masalah seperti ini, tenang saja, anda tidak
sendiri.

Demikian berbagi pengalaman dari saya. Sekali lagi ini
hanya pengalaman saya. Belum tentu benar secara teknisnya.
Namun insya Allah bisa dicoba. Semoga yang sedikit ini
bisa bermanfaat. Barokallahu fikum.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

*Artikel di atas adalah email dari al akh Abu Husam.

2 responses

  1. tes.. apakah saya di anggap spam..

    Selamat! Anda berhasil masuk, tidak ada indikasi virus dalam diri Anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

