10 Karakter Pemimpin Besar


Menjadi seorang pemimpin gampang. Tetapi menjadi seorang pemimpin yang adil, bijaksana, dan disukai rakyat atau bawahan bukanlah suatu hal yang mudah, teramat sulit. Figur di sini dibutuhkan sebagai dasar untuk membangun karakter seorang pemimpin ideal. Tapi tidak berhenti sampai di situ. Ada dasar-dasar yang bisa dipelajari dan dilatih agar Anda dapat menjadi seorang pemimpin besar yang disukai bawahan. Setidaknya ada sepuluh dasar yang kudu harus wajib dimiliki seorang pemimpin, antara lain:

SEORANG PEMIMPIN HARUS MEMPUNYAI:

  1. Integritas
  2. Visi/strategi
  3. Komunikasi
  4. Hubungan
  5. Persuasi
  6. Adaptasi
  7. Teamwork
  8. Pelatihan dan Pengembangan
  9. Pengambilan keputusan
  10. Perencanaan

Penjelasan dari 10 point di atas:

1. Integritas
Seberapa dalam keyakinan Anda pada hal-hal yang Anda percayai? Apa yang Anda percaya pada begitu banyak mengenai pekerjaan Anda bahwa Anda akan berdiri kepada siapa pun tentang hal itu? Berapa banyak Anda bersedia untuk berkompromi terhadap keyakinan penting Anda? Sejauh mana Anda melakukan perilaku dan pilihan yang Anda buat yang sejajar dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip pedoman hidup?

2. Visi / Strategi
Dapatkah Anda melihat, di mana departemen, tim, dan organisasi Anda akan berdiri? Seberapa sering Anda berbicara tentang cara-cara apa yang Anda lakukan di daerah Anda yang berhubungan dengan misi keseluruhan organisasi Anda? Apakah Anda berpikir dan berbicara inspiratif tentang apa yang dilakukan organisasi dan tentang masa depan organisasi?

3. Komunikasi
Seberapa banyak dan seberapa rela Anda berbicara dan berkomunikasi? Sebaliknya, apakah Anda dapat menyimpan rahasia pribadi ? Seberapa sering Anda mendengarkan dan melakukan lebih dari Anda berbicara dalam percakapan dengan karyawan Anda? Bagaimana Anda menilai kemampuan komunikasi Anda dengan masing-masing karyawan Anda? Bagaimana Anda menangani berita “buruk” ketika Anda menerimanya?

4. Hubungan

Berapakah tingkat kepercayaan dan perasaan hormat Anda terhadap masing-masing karyawan Anda? Terhadap masing-masing rekan-rekan Anda? Seberapa mudah atau sulit bagi Anda untuk memulai hubungan baru dan memperdalam hubungan yang ada?

5. Bujukan
Seberapa jauh bujukan dan pengaruh Anda? Dalam keadaan apa Anda dapat membujuk orang lain untuk sudut pandang Anda? Dalam masalah apa orang menghargai pendapat Anda dan mengikuti jejak Anda?

6. Penyesuaian
Apa yang Anda lakukan untuk melepaskan kekakuan? Control? Ketika itu sulit, mudah, atau bagaimana bagi Anda untuk merangkul perubahan? Bagaimana Anda bereaksi ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan?

7. Kerja sama
Sejauh mana yang Anda nilai bekerja secara kooperatif sebagai bagian dari kelompok? Bagaimana Anda mempromosikan kerja sama antara orang yang Anda pimpin? Dengan cara apa Anda bekerja sama dengan teman-teman Anda? Bagaimana Anda menangani konflik tim?

8. Pelatihan dan Pengembangan
Bagaimana perasaan Anda tentang pengembangan sektor lain di sekitar Anda? Bagaimana Anda mendorong, memelihara, dan membangun kapasitas orang yang Anda pimpin? Seberapa mudah atau yang sulit bagi Anda untuk mengatur kebutuhan Anda untuk menyisihkan dan berbagi dengan orang lain? Bisa atau tidak Anda mendelegasikan dengan baik?

9. Pengambilan Keputusan
Bagaimana kenyamanan yang Anda harus membuat keputusan “final” pada hal-hal? Apakah Anda memiliki kecenderungan untuk memutuskan terlalu cepat tanpa pertimbangan atau sebaliknya, untuk mengumpulkan data, menganalisis, dan merenungkan tanpa henti, dan tidak bisa memutuskan? Dalam area apa Anda berjuang dengan membuat keputusan perusahaan?

10. Perencanaan
Seberapa mudah bagi Anda untuk menyusun rencana kegiatan dan proyek, termasuk rencana kontingensi (apa yang akan terjadi jika…)? Bagaimana dengan mudah Anda dapat memusatkan perhatian Anda dan tetap berpegang pada rencana Anda, namun tidak kaku tentang hal ini? Bagaimana Anda memutuskan kapan melakukan patroli atau, malah, untuk mengubah rencana Anda?

Diterjemahkan secara asal dari what-are-good-leadership-skills.com, silakan kopas jika artikel di atas berguna dan jgn lupa ya, sertakan http://www.antosalafy.wordpress.com di bawahnya. Terima kasih.

2 responses

  1. … dan kita semua, tanpa kecuali, adalah pemimpin. Dan kita akan dimintai pertanggungjawaban kelak di Hari Akhir mengenai hal itu. Begitu, ‘kan, akhi antosalafy?

  2. @ Pak Shodiq: Betul sekali Pak Shodiq. Setiap dari kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak. Terima kasih telah mengingatkan.:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: