Bersandal Pun Ada Aturannya


Pasti Anda sering melihat orang memakai sandal (bersandal). Sandal adalah alas kaki yang dibuat dari kulit, karet, dsb, atau sebutan lain terompah. Mungkin Anda pernah melihat seseorang memakai sandal sebelah. Mungkin ketika itu si empunya sedang kehilangan sandal sebelahnya atau dia sedang bermain-main dengan memakai sandal sebelah. Anda tentu pernah melihat atau memperhatikan seseorang memakai sandal. Tahukah Anda dimulai dari kaki mana dulu ketika memakai sandal dan dan kaki mana dulu ketika melepasnya?

Nah, ternyata urusan memakai sandal pun ada aturannya dalam Islam. Itulah indahnya Islam, semua hal diatur supaya tertib dan disiplin. Dalam sahih Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa:

1. Memakai sandal hendaknya mendahulukan kaki kanan dan ketika melepas kaki kiri

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Jika seorang bersandal hendaknya mendahulukan yang kanan dan jika melepas sandal supaya mendahulukan yang kiri, supaya yang kanan pertama memakai sandal dan terakhir melepasnya.

2. Dilarang berjalan dengan satu sandal

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Jangan ada seorang berjalan dengan satu sandal di kakinya, hendaknya bersandal kedua kakinya atau melepas keduanya.

Subhanallah, ternyata Islam itu rinci. Tidak seperti yang digambarkan oleh orang-orang teroris, kaum kafir, dan sejenisnya bahwa Islam identik dengan kekerasan dan kebengisan. Wallahu a’lam bishshawab

One response

  1. Ijin share akhi..jazakillahu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: