Klarifikasi Berita tentang Luna Maya, Ariel, dan Blogger Indonesia


Minggu-minggu ini di dasbor blog saya penuh dengan berita dan gosip artis Indonesia, Luna Maya dan Ariel.  Gosip tentang mereka seputar kemaksiatan yang dilakukan mereka, gosip video mesum (yang mirip mereka) antara keduanya di suatu tempat. Jujur juga jengah dan prihatin melihat hal ini ada di Indonesia. Kemaksiatan diumbar bebas, teknologi canggih digunakan untuk menambah suasana maksiat semakin merajalela dan mudah dinikmati semua orang. Lahaula walaquwwata illabillah.

Sebetulnya malas menulis postingan seperti ini. Hanya saja, setiap buka blog dan melihat dasbor blog yang setiap hari isinya esek-esek atau urusan selangkangan yang rendah. Pertanyaan saya, apakah seperti ini mental anak bangsa ini? Apakah sebegitu rendahnya blogger Indonesia. Mengapa juga yang menjadi Top Post di wordpress Indonesia postingan berbau mesum, video mesum, selingkuh, esek-esek. Bahkah ada blog yang menjadi Top Blog, padahal isinya tentang Togel, angka berhadiah. Naudzubillah.

Wahai Blogger, teman-teman semua, berita-berita di atas itu adalah suatu bentuk Ghibah. Saya ingin mengklarifikasi bahwa kalaupun berita-berita itu betul, apa manfaatnya? Kalau berita itu salah, hanya menambah dosa kita. Banyak postingan yang baik dengan tema yang baik. Kalau tujuannya menambah trafik, banyak artikel bagus yang diminati orang.

Tahukah anda apa itu ghibah? Sesungguhnya kata ini tidak asing lagi bagi kita. Ghibah ini erat kaitannya dengan perbuatan lisan, sehingga sering terjadi dan terkadang di luar kesadaran.

Ghibah adalah menyebutkan, membuka, dan membongkar aib saudaranya dengan maksud jelek. Al Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahihnya dari shahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: “Apakah kalian mengetahui apa itu ghibah? Para shahabat berkata: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Kemudian beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ ، إِنْ كَانَ فِيْهِ مَا تَقُوْلُ فَقَدِ اغْتَبْتَهُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْهِ مَا تَقُوْلُ فَقَدْ بَهَتَّهُ

“Engkau menyebutkan sesuatu yang ada pada saudaramu yang dia membecinya, jika yang engkau sebutkan tadi benar-benar ada pada saudaramu sungguh engkau telah berbuat ghibah, sedangkan jika itu tidak benar maka engkau telah membuat kedustaan atasnya.”

Di dalam Al Qur’anul Karim Allah Subhanahu wa Ta’ala sangat mencela perbuatan ghibah, sebagaimana firman-Nya (artinya):

“Dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kalian menggunjing (ghibah) kepada sebagian yang lainnya. Apakah kalian suka salah seorang diantara kalian memakan daging saudaramu yang sudah mati? Maka tentulah kalian membencinya. Dan bertaqwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat dan Maha Pengasih.” (Al Hujurat: 12)

Al Imam Ibnu Katsir Asy Syafi’i berkata dalam tafsirnya: “Sungguh telah disebutkan (dalam beberapa hadits) tentang ghibah dalam konteks celaan yang menghinakan. Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Ta’ala menyerupakan orang yang berbuat ghibah seperti orang yang memakan bangkai saudaranya. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala … (pada ayat di atas). Tentunya itu perkara yang kalian benci dalam tabi’at, demikian pula hal itu dibenci dalam syari’at. Sesungguhnya ancamannya lebih dahsyat dari permisalan itu, karena ayat ini sebagai peringatan agar menjauh/lari (dari perbuatan yang kotor ini -pent). ” (Lihat Mishbahul Munir)

Suatu hari Aisyah radhiyallahu’anha pernah berkata kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam tentang Shafiyyah bahwa dia adalah wanita yang pendek. Maka beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

لَقَدْ قُلْتِ كَلِمَةً لَو مُزِجَتْ بِمَاءِ البَحْرِ لَمَزَجَتْهُ

“Sungguh engkau telah berkata dengan suatu kalimat yang kalau seandainya dicampur dengan air laut niscaya akan merubah air laut itu.” (H.R. Abu Dawud 4875 dan lainnya) [assalafy.org]

2 responses

  1. Betul sekali, ghibah selain dosa menimbulkan perselisihan

  2. Padahal sekarang saya ingin mendengar berita kelanjutan Gaza, Century, dan lainnya. Kenapa pada sibuk nyari berita gak jelas kayak gitu sih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: