7 Karakter Pemimpin yang Baik


Sobat muda, seberapa sering Anda mendengar pertanyaan, “Apakah dia seorang pemimpin yang baik?” Ada karakteristik tertentu yang ditemukan pada beberapa orang yang tampaknya alami menempatkan mereka dalam posisi di mana mereka sebagai pemimpin. Ada beberapa karakteristik yang jelas yang ditemukan dalam pemimpin yang baik. Kualitas ini dapat dikembangkan atau mungkin secara alami bagian dari kepribadian mereka. Mari kita menjelajahi mereka lebih lanjut.

1. Seorang pemimpin yang baik memiliki karakter yang patut dicontoh. Sangat penting bahwa seorang pemimpin bisa dipercaya untuk memimpin orang lain. Seorang pemimpin harus dapat dipercaya dan dikenal untuk menjalani hidup mereka dengan jujur dan integritas. Seorang pemimpin yang baik “walks the talk” dan dengan berbuat demikian mendapatkan hak untuk memiliki tanggung jawab untuk orang lain. Otoritas sejati adalah lahir dari rasa hormat terhadap karakter yang baik dan dapat mempercayai orang yang memimpin.

2. Seorang pemimpin yang baik sangat antusias dengan pekerjaan mereka dan juga tentang peran mereka sebagai pemimpin. Orang-orang akan merespon secara lebih terbuka kepada orang yang mempunyai gairah dan dedikasi. Pemimpin harus mampu menjadi sumber inspirasi dan menjadi motivator terhadap tindakan yang dibutuhkan atau menyebabkan. Meskipun tanggung jawab dan peran pemimpin mungkin berbeda, pemimpin perlu dilihat untuk menjadi bagian dari tim kerja terhadap tujuan. Pemimpin seperti ini tidak akan takut untuk menyingsingkan lengan baju mereka dan menjadi kotor.

3. Seorang pemimpin yang baik adalah percaya diri. Dalam rangka untuk memimpin dan menentukan arah, seorang pemimpin perlu tampil percaya diri sebagai pribadi dan dalam peran kepemimpinan. Orang seperti itu menginspirasi kepercayaan pada orang lain dan menarik keluar kepercayaan dan upaya terbaik dari tim untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Seorang pemimpin yang menyampaikan kepercayaan terhadap tujuan yang diusulkan mengilhami upaya terbaik dari anggota tim.

4. Seorang pemimpin juga perlu untuk berfungsi secara teratur dan mempunyai tujuan dalam situasi ketidakpastian. Orang-orang melihat pemimpin di masa ketidakpastian dan ketidakbiasaan dan menemukan kepastian dan keamanan saat pemimpin menggambarkan rasa percaya diri dan sikap positif.

5. Para pemimpin yang baik adalah toleran terhadap ambiguitas dan tetap tenang, berdiri dan tabah dengan tujuan utama. Badai, emosi, dan krisis datang dan pergi dan seorang pemimpin yang baik mengambil ini sebagai bagian dari perjalanan dan tetap dengan kepala dingin.

6. Seorang pemimpin yang baik selalu fokus menjaga tujuan utama serta mampu berpikir analitis. Seorang pemimpin yang baik tidak hanya melihat situasi secara keseluruhan, tetapi mampu memecahnya menjadi bagian-bagian sub untuk diperiksa lebih dekat. Sambil menjaga tujuan dalam tampilan, seorang pemimpin yang baik dapat mematahkan itu ke dalam langkah-langkah dikelola dan membuat kemajuan ke arah itu.

7. Seorang pemimpin yang baik komitmen terhadap keunggulan. Pemimpin terbaik tidak mengarah pada kesuksesan saja dan tidak hanya mempertahankan standar yang tinggi, tetapi juga proaktif dalam meningkatkan bar untuk mencapai keunggulan dalam semua bidang.

3 Tanggapan

  1. baca tips di atas,,,, saya jadi tergugah untuk menjadi pemimpin yang baik…. :-D

  2. smoga di indonesia kedepan ada pemimpin yg mempunyai karakter diatas

  3. @arumaarifu: semoga antum bisa menjadi pemimpin yang baik dan dihormati.
    @koropedang: amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 98 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: