Adakah Pacaran dalam Islam?


Coba tebak, adakah istilah pacaran ini dikenal dalam Islam? Soalnya saya pernah lihat dan baca sampul buku (atau majalah) berjudul pacaran secara Islami.

—————————–

Hukum Pacaran dalam Islam

Pertanyaan: Apakah menurut Islam pacaran dibolehkan? Tolong dijawab. (081931213***)

Jawaban: Pacaran dilarang dan diharamkan dalam Islam. Cukuplah firman-firman Allah berikut ini yang menunjukkan akan keharamannya:

  1. “Dan janganlah kalian mendekati perbuatan-perbuatan yang keji, baik yang nampak di antaranya maupun yang tersembunyi.” [Al-An'aam:151]
  2. “Dan janganlah kalian mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” [Al-Israa`:32]
  3. “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya.” [An-Nuur:30]
  4. “Katakanlah kepada wanita yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya.” [An-Nuur:31]

Pacaran mengantarkan kepada perzinahan dan perbuatan keji lainnya. Perhatikanlah wahai orang-orang yang berakal! Wallahu A’lam.

Sumber: Buletin Al-Wala’ Wal-Bara’ edisi ke-33 Tahun ke-3 / 22 Juli 2005 M / 15 Jumadits Tsani 1426 H

Baca artikel terkait di:

1. Pacaran Islami? Tidakkk…

2. Awas, Pacaran itu Mendekat Diri kpd Zina

3. Awas Pacaran!

4. Pengganti Pacaran

5. Tidak Ada Pacaran Islami.

18 Tanggapan

  1. saya setuju dengan pendapat yang mengatakan pacaran dalam islam adalah terlarang karena banyak mudaratnya daripada faedahnya. Pacaran dilarang dalam islam juga bertujuan untuk menjaga kesucian manusia, terutama kesucian seorang wanita. Apalagi gaya pacaran zaman sekarang yang mengedepan kontak fisik yang menjurus keperbuatan2 yang dilarang oleh agama.

  2. Betul!

  3. saya sangat setuju dengan artikel di atas. pacaran dalam islam memang tidak diperbolehkan. Itu sudah jelas diterangkan dalam ayat Al-Qur’an. dalam islam hanya mengenal ta’aruf bukan pacaran.

  4. Saya sangat setuju, karena dalam pacaran yang sangat dirugikan adalah wanita…..
    ALHAMDULILLAH saya telah menjalani ini dan betul2 menjaga diri saya agar tidak pacaran….
    Thanx to ALLAH yang selalu menjagaku dan memberi rahmat dan hidayah kepadaku…

  5. saya setuju, karena pacaran bnyk negatif dan mudharatnya

  6. Saya hanyalah seorang manusia biasa yang hidup jauh dari nilai-nilai asli Islam, saya hidup di zaman yang kebanyakan orang beragama Islam tapi tidak mengerti essensi daripada ajaran Islam yang mulia ini..

    Jujur saya dahulu pernah pacaran dan memang seperti yang dikhwatirkan oleh banyak orang, pacaran ini pun mengarah kepada perbuatan zina(meskipun dulu saya berprinsip hanya sekedar pegang dan cium saja, saya anggap dulu ini adalah hal wajar di tengah masyarakat yang tak tahu nilai Islam)..

    Namun sekarang alhamdulillah saya tidak pacaran lagi dan berusaha tidak akan pacaran namun langsung ta’aruf dan melanjutkan ke janjang pernikahan(karena sudah tahu dalilnya)..

    Subhanallah, pertama sungguh memang sangat sulit keluar dari ini semua, namun dengan tetap berusaha dan memohon ridho dari Allah, Insyaalah saya mampu..

    Ini hanya sepenggal kisah, kisah yang pernah suram dahulu, semoga teman-teman semua bisa mengambil hikmah tanpa mencoba-coba dahulu, kita tidak tahu umur kita sampai kapan..

    Selamat berjuang dan mari kita sama-sama berjuang..

    Berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan saling mengingatkan dalam hal keburukan..

    ZemangaTz..(^_^)

    Barakallahu fiikum

  7. Assalamu’alaikum wr wb.Maha suci ALLAH yang emberikan larangan tuk kebaikan hamba Nya ..saya sangat sangat setuju dengan pendapat diatas.seperti yang kita ketahui allah tidak akan melarang hambaNya terhadap sesuatu jika itu baik untuk hambaNya..Pacaran itu,ditinjau dari berbagai aspek,sangatlah banyak mudaratnya,,so,kenapa kita masih melakukan hal yang membuat kita rugi?

  8. asw..

    artikelnya bagus….

  9. saya tidak setuju…, tidak ada dalil eksplisit mengharamkan pacaran, jika pacaran tidak berbumbu 4 hal diatas,layakkah pacaran diharamkah???

    • kita lihat realita di lapangan bagaimana orang berpacaran, jika ada pacaran yang sehat itupun dilakukan unutk membantah dalil-dalil di atas. Allah membenci orang yang membangkang

  10. memang sudah semestinya begitu … hanya ada ta’aruf dalam islam
    semoga artikel ini dapat membuka mata hati ikhwan dan akhwat yang masih tertutup nafsu syaiton… amin

  11. g ada pacaran dlm Islam,,
    dan saya sedang berusaha!!!
    cmangat!!!!

  12. klo sya ya setuju ya juga tdk, toh klo memang pacaran dlam islam itu diharamkan kenapa msih banyak umat muslim yang tdak menghiraukan hal tersebut, bahkan malah melakukan hal tersebut. dan anehnya lgi knapa diperfilman indonesia malah di perbanyak ,,,, *_^

    kalau menilainya dengan mayoritas manusia ya nggak cocok. Sebab kebanyakan itu umumnya bagian yang rugi. Di dalam Alquran juga banyak disebutkan bahwa kebanyakan manusia itu ingkar atau kebanyakan manusia itu tidak mengetahui.

  13. setuju jg saya cuka tapi bukanka H pacaran di bangsa ini udh kaya kebudayaan jadi begitu sulitny umt islam di negara ini mendakwahkan hukum islam yg benar marilah kt sama-sama berdoa agr ALLAH membri Hidayah pada semua umtNY…..

  14. Bukanlah “Larangan” yang kami butuhkan, akan tetapi solusi ketika cinta itu mekar dan membutuhkan seorang pemilik. akan tetapi dalam beberapa aspek kita bisa dikatakan belum siap untuk mengarungi bahtera rumah tangga?

    Kalau boleh dikatakan bahwa anda skrg masih single dan belum siap menikah, tapi sudah jatuh cinta dg seseorang. Hmm, repot juga ya. Mungkin ada baiknya anda menghindar dari kedekatan dg wanita itu sehingga perasaan cinta bisa dicegah. Kemudian, alihkan perasaan sentimentil itu kepada arah yg positif, misalnya berpuasa sunnah atau menghadiri pengajian secara rutin. Berolahraga juga dapat menjadi solusi yg lain. Bacalah buku2 agama atau buku2 cara mengelola kemandirian dan mental, atau bahasa kerennya buku2 psikologislah. Baik, selamat mencoba mengatasi panah asmara anda.

  15. saya setuju dan yakin bahwa pacaran dalam islam itu boleh dan ada bahkan bagus dengan satu syarat “akad nikah” yang sesuai dengan sunnah (^_^)

  16. saya setuju diharamkannya pacaran.
    yang ada juga Ta’aruf. hehehe

  17. pacaran??? g ada tuch!!! sekarang aja ta’ruf pada di salah gunain!!! huft… orang jaman sekarang!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 99 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: