Tanda-Tanda Lailatul Qadar


Hukum Seputar Malam Lailatul Qadar

Penulis: Fadlilatu Asy-Syaikh Al-‘Allamah Al-Faqih Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin -rahimahullah-

Soal 1: Malam Lailatul Qadar itu jatuh pada hari ke berapa?

Jawab: Di dalam Al-Qur’an tidak diterangkan pada malam ke berapa malam Lailatul Qodar itu jatuh, tetapi di dalam hadits diterangkan bahwa sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 hari awal di bulan Ramadhan menginginkan malam Lailatul Qodar, kemudian beliau beri’tikaf pada 10 hari pertengahannya dan mengatakan (yang artinya): “Sesungguhnya malam Lailatul Qodar itu jatuh pada 10 hari akhir di bulan Ramadhan”. Beliau melihatnya dan beliau sujud di waktu shubuh di tempat yang berair bercampur tanah, kemudian pada malam ke-21 di saat beliau i’tikaf, turunlah hujan maka mengalirlah air hujan tersebut pada atap masjid karena masjid Nabi shallallahu alaihi wa sallam terbuat dari anjang-anjang. Beliau menjalankan sholat subuh bersama para sahabatnya kemudian beliau sujud. Anas bin Malik berkata: ‘Aku melihat bekas air dan tanah dikeningnya, maka beliau sujud ditempat yang berair bercampur tanah.” (HR. Bukhori no.669 dan 2016, Muslim no.1167, dan 216 dari shohabat Abu Sa’id Al-Khudri).

Hadits di atas menunjukkan bahwa malam Lailatul-Qodar pada saat itu jatuh pada malam yang ke-21. Sedangkan para sahabat Rosululloh melihat dalam mimpi mereka bahwa malam Lailatul-Qodar jatuh pada malam ke 27. (HR. Bukhori no.2015, Muslim no.1165 dari shohabat Abdulloh bin ‘Umar ).

ang shohih dari perbedaan para ulama tentang jatuhnya malam Lailatul-Qodar pada 10 hari terakhir adalah berpindah-pindah pada setiap tahunnya, terkadang pada tahun ini jatuh pada malam yang ke 21, kemudian pada tahun berikutnya jatuh pada malam yang ke 29, 25 atau 24.

dapun hikmah berpindah-pindahnya malam Lailatul-Qodar supaya orang-orang yang malas menjalankan ibadah, mereka bersemangat untuk menjalankan ibadah pada 10 hari terakhir di bulan Romadlon. Hikmah yang lainnya juga yaitu agar menambah amal shalih seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah. (Syaikh Utsaimin)

Soal 2 : Apa alamat/tanda malam Lailatul Qadar?

Jawab: Lailatul Qodar mempunyai beberapa alamat/tanda, baik secara langsung (yaitu pada malamnya) maupun setelah terjadi (yaitu pada pagi harinya).

Adapun alamat secara langsung (yaitu pada malamnya), di antaranya:

  1. Sinar cahaya sangat kuat pada malam Lailatul Qodar dibandingkan dengan malam-malam yang lainnya. Tanda ini pada zaman sekarang hanya bisa dirasakan oleh mereka yang tinggal ditempat yang jauh dari sinar listrik atau sejenisnya.

  2. Bertambah kuatnya cahaya pada malam itu.
  3. Thuma’ninah. Yaitu ketenangan dan kelapangan hati yang dirasakan oleh orang-orang yang beriman lebih kuat dari malam-malam yang yang lainnya.

  4. Angin dalam keadaan tenang pada malam Lailatul Qodar, tidak berhembus kencang (tidak ada badai) dan tidak ada guntur. Hal ini berdasarkan hadits dari shohabat Jabir bin Abdillah sesungguhnya Rosululloh bersabda (yang artinya), “Sesungguhnya Aku melihat Lailatul-Qodar kemudian dilupakannya, Lailatul-Qodar turun pada 10 akhir (bulan Romadlon) yaitu malam yang terang, tidak dingin dan tidak panas serta tidak turun hujan”. (HR. Ibnu Khuzaimah no.2190 dan Ibnu Hibban no.3688 dan dishohihkan oleh keduanya). Kemudian, hadits dari shohabat ‘Ubadah bin Shomit sesungguhnya Rosululloh bersabda (yang artinya) “Sesungguhnya alamat Lailatul-Qodar adalah malam yang cerah dan terang seakan-akan nampak didalamnya bulan bersinar terang, tetap dan tenang, tidak dingin dan tidak panas. Haram bagi bintang-bintang melempar pada malam itu sampai waktu subuh. Sesungguhnya termasuk dari tandanya adalah matahari terbit pada pagi harinya dalam keadaan tegak lurus, tidak tersebar sinarnya seperti bulan pada malam purnama, haram bagi syaithon keluar bersamanya (terbitnya matahari) pada hari itu”. (HR. Ahmad 5/324, Al-Haitsamy 3/175 dia berkata : perawinya tsiqoh)

  5. Terkadang Alloh memperlihatkan malam Lailatul-Qodar kepada seseorang dalam mimpinya. Sebagaimana hal ini terjadi pada diri para shahabat Rosululloh .

  6. Kenikmatan beribadah dirasakan oleh seseorang pada malam Lailatul-Qodar lebih tinggi dari malam-malam yang lainnya.

Adapun alamat setelah terjadi (yaitu pada pagi harinya) di antaranya: Matahari terbit pada pagi harinya dalam keadaan tidak tersebar sinarnya dan tidak menyilaukan, berbeda dengan hari-hari biasanya. Hal ini berdasarkan hadits dari shohabat Ubay bin Ka’ab yang mengatakan: “Sesungguhnya Rosululloh mengkabarkan kepada kami: “Sesungguhnya Matahari terbit pada hari itu dalam keaadaan tidak tersebar sinarnya”. (HR. Muslim no.762, 2/828)

Adapun alamat yang menyebutkan bahwa tidak ada atau sedikit gonggongan anjing pada malam Lailatul-Qodar adalah tidak benar, karena terkadang dijumpai pada 10 malam terakhir di bulan Romadlon anjing dalam keadaan menyalak/menggonggong. (Syaikh Utsaimin)

(Diterjemahkan oleh Al Ustadz Abu ‘Isa Nurwahid dari Fataawa Lajnah ad Da’imah, Syarhul Mumthi’ Ibnu Utsaimin, Fataawa wa Rasaail Ibnu Utsaimin, dan Majmu’Fataawa Syaikh Shalih Fauzan)

Sumber : Buletin Da’wah Al-Atsary, Semarang. Edisi 18 / 1427 H
Dikirim via email oleh Al-Akh Dadik

[www.darussalaf.org]

34 Tanggapan

  1. alhamdulillah … di tengah maraknya blog berbau duniawi, ada juga blog y memberikan jalan menuju surga … semoga bermanfaat bagi sesama … amien

  2. apakah keuntungan mendapatkan malam lailatul qadar

  3. Semoga artikel ini menjadikan motivasi muslim dalam ibadah, sadar diri, syukur nikmat dan takut azab.

  4. Semoga saya mendapatkannya…

  5. Inilah salah satu bukti kasih sayang Allah kepada hambanya yang beriman.Mengapa kita masih juga mengkufuriNya?

  6. trims… artikel ini sangat bermanfaat.. saatnya makin mengencangkan ikat pinggang untuk meraih malam 1000 bulan.. insya Allah siapa2 yang berusaha niscaya akan meraih apa yang diusahakannya… amin…

  7. Terima kasih atas informasinya, semoga mendapati malam yang selalu dinanti

  8. Sungguh terenyuh lah bagi setiap orang yang membaca artikel ini..!!!
    Trims..buat orang yang udah bkin artikel ini..hingga membuat hati saya bergetar dan insya Allah ingin meningkatkan lg ibadah saya d bulan ramadhan..dan tidak hanya di bulan ramadhan saja,tp d blan2 yang lainnya jg..amien..

  9. semoga malam lailatul qadr bisa menyapa ku

  10. kalau diijinkan, saya hendak bertanya tentang lailatul qadar…

    1. apakah semua orang yang sedang beribadah ketika para Malaikat turun, PASTI MENDAPAT LAILATUL QADAR…?

    Ataukah Lailatul Qadar berkunjung seperti tamu, jadi tidak semuanya dapat walaupun sdg beribadah…?

    2. Malaikat turun di negara mana…? Misal di Indonesia malam hari & ternyata terjadi lailatul qadar, apakah umat Islam di belahan bumi lain misalnya di Eropa yang sedang ibadah puasa (karena siang hari) PASTI MENDAPAT KEUTAMAAN LAILATUL QADAR, karena sedang beribadah ketika malaikat turun…?

    3. Bagaimana kalau para ulama sedunia membuat catatan kapan lailatul qadar terjadi di tahun-tahun sebelumnya… Misal pada tahun 1428H lailatul qadar terjadi pada malam 25, tahun 1427H pada malam 27 dan seterusnya…

    terima kasih saya haturkan…

    semoga Allah menyatukan & melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol

    http://achmadfaisol.blogspot.com

  11. smoga qta smua diberi keberkahan malam Lailatul Qadar.Amien.

  12. aku terlalu menginginkannya…aku mahu dekat dengannya..semoga allah memberkati tiap insan yang terpilih…amin

  13. [...] : http://www.darussalaf.org, http://antosalafy.wordpress.com/2008/09/06/tanda-tanda-lailatul-qadar/, ( Sedikit perubahan pada [...]

  14. Mksh u/penulis. Jazakillah khairan katsira. Moga qt smua dptkn lailatul qodar, krn mgkn skrg adlh ramadhan terakhir dlm hidup qt. Amiin

  15. Mudah2an Qt Smua mendapatkan berkah & Rezeki dimlm Laialtu Qadar ini….Amin…

  16. semoga seluruh umat islam didunia..
    sentiasa mendekatkan diri kepada-NYA ..
    amin…

  17. mengapa diri ini malah semakin terpuruk disaat malam lailatul qodar datang menyapa?
    ya Allah tolonglah hamba…

  18. Disinilah indahnya..
    Dengan tdk tau pasti tgl berapa Lailatul Qodr maka
    yg ingin meraihnya pasti beribadah setiap malam.
    Kalo di catat pun susah utk diperhitungkan scr statistik. Wallahu a’lam.

  19. semoga kita mendapatkan malam lailatul qadar yaaa?

    salam kenal

  20. Dengan izin Allah, semoga kita digolongkan sebagai hamba Allah yang mendapat Malam Laitul Qadar …..Amien ….amien…. amien….

  21. Subhanallah, Alhamdulillah, La ilaha Ilallahu Allahu akbar.

    Ya Allah, berilah keutamaan, kesejahteraan, keselamatan serta barakah kepada Nabi Muhammad SAW, kepada para keluarganya, kepada para sahabatnya, dan kepada kami selaku umatnya.

    Sesungguhnya Engkaulah yang menurunkan malam yang sempurna ini, malam yang lebih indah dari pada seribu bulan.

    Sungguh hanya sujudlah yang pantas kami lakukan untukMu pada malam yang mulia ini, ya Allah. Karena hanya dalam sujud ini kami dapat memohon dengan seluruh kerendahan hati dan air mata kami, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang Engkau cintai.

    Bukanlah langit atau isi bumi yang kami ingini dalam malam yang indah ini, ya Allah. Hanya cinta, kasih dan sayang-Mu yang kami rindukan dalam sujud dan doa kami.

    Kami tidak takut hidup tanpa harta, kami tidak takut hidup dalam derita, yang kami takut hanyalah hidup tanpa cinta dari-Mu, ya Allah.

  22. Mudah-mudahan kita termasuk golongan Orang yang mendapatkan Malam tersebut

  23. Baik dicari dari satu Ramadan hingga ke akhirnya, jika tidak anda menyesal belum tentu anda masih punya waktu/rezki untuk bertemu Ramadan tahun akan datang

  24. tahun sekarang lailatul qodar jatuh di negara mana

  25. apakah tanda-tanda pada seseorang itu sekiranya dia dapat mengecapi malam lailatul qadar….

  26. Semoga kita semua diberi kemampuan untuk memahami dan mengalami laelatul qodar, dengan rakhmat dan kehendakNya. Amiiiiin

  27. Trima kasih atas informasi yang baik dan bermakna ini.

  28. Trima kasih atas informasi yang baik dan bermakna ini

  29. tahun sekarang lailatul qodar jatuh di negara mana.

  30. Subhanallah, Alhamdulillah, La ilaha Ilallahu Allahu akbar.

  31. makasih atas amalnya,,,semoga menjadi bekal buat generasi yang akan datang akan aqidah islam

    amin. terima kasih doanya.

  32. syukron atas informasinya yang berharga ini sobatt

  33. Al-Hamdulillah hatur nuhun

  34. Thank you..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 103 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: